Redakan Sakit Kaki dan Lutut

 

Sakit kaki dan lutut ibu hamil dipicu oleh menegangnya otot hamstring, yakni otot di bagian belakang paha yang diakibatkan oleh beberapa kebiasaan, antara lain menekan panggul ke arah bawah yang bertujuan untuk meredakan sakit punggung, menggunakan sepatu bertumit tinggi dan bobot tubuh yang kian bertambah selama kehamilan. Latihan peregangan pada otot-otot besar tersebut akan menyiptakan ruang di persendian lutut dan efektif membantu meredakan ketegangan pada kaki.

Peregangan otot hamstring:
  • Berdirilah dengan bertelanjang kaki, lalu membungkuklah untuk meletakkan telapak tangan di atas kursi. Pastikan kursi yang digunakan  tidak mudah bergeser sehingga layak dijadikan tumpuan.
  • Luruskan kedua kaki Anda secara perlahan. Jika otot hamstring Anda terasa menegang, maka tulang punggung bagian bawah Anda bertemu, mengumpul dan menggunung.
  • Biarkan panggul rileks sehingga secara alami membentuk lekukan menyerupai “lembah” pada tulang punggung bagian bawah Anda.
  • Semakin kuat tarikan otot-otot tulang punggung bagian bawah, maka ketegangan dan rasa sakit di bagian belakang kaki Anda akan semakin berkurang.
  • Lakukan secara berulang dari posisi awal hingga akhir selama kurang lebih 15 menit. (me)

 



Artikel Rekomendasi