Tips Mengadakan Baby Shower

 

Bagi Anda yang berencana mengadakan baby shower untuk merayakan bayi yang sebentar lagi hadir, pastikan untuk mempersiapkan segal sesuatunya, mulai dai panitia, undangan, waktu dan tempat serta temanya.

1. Panitia bisa sahabat, adik perempuan, Anda sendiri dibantu teman dan kerabat, atau menggunakan jasa party organizer.

2. Undangan ditujukan pada orang-orang terdekat. Dulu baby shower dianggap pesta kaum perempuan, tetapi kini tradisi telah bergeser karena kaum pria pun boleh hadir. Baby shower Gwen Stefani, misalnya, juga dihadiri teman-teman pria Gavin Rossdale, suami Gwen.  

3. Waktu dan tempat  idealnya akhir pekan, di sore hari yang santai. Pesta berlangsung 3 hingga 4 jam. Tempatnya bisa di rumah sendiri, atau di lokasi  sewaan, baik indoor maupun outdoor. Saat mengandung bayi kembarnya, aktris Julia Robert  mengadakan baby shower di rumah sakit lantaran ia harus bedrest!

4. Tema  yang dipilih bisa sangat variatif. Wulan Guritno memilih tema kerajaan Inggris karena ia terpesona dengan gaya aristokrat Inggris yang elegan dan mewah. Joy Roesma, seorang penulis lepas, mengadakan baby shower bertema warna biru. Tema lain misalnya, Tea Party, Mardi Gras, Safari, Sugar, Spice and Everything Nice atau Litlle Miss Diva. Bila tema sudah ditetapkan, masukkan tema dalam rancangan undangan, dress code, dekorasi dan hidangan.  
  • Undangan dikirim dengan mencantumkan tema pesta dan toko/butik untuk gift registry. Kirim undangan setidaknya satu bulan sebelum hari H.  Keywording atau pemilihan kata sangat penting untuk membedakan acara ini dengan perayaan biasa. Gunakan kalimat seperti, “I'm pregnant, shower me!” atau “Hey, kami sedang menanti sang pangeran!”  Beri sentuhan pada desain undangan berupa simbol-simbol bayi dan kelahiran, macam gambar popok, sepatu bayi, diapers bag dan sebagainya dengan warna netral atau sesuai jenis kelamin bayi.
  • Dress Code  disesuaikan dengan tema baby shower atau minta tamu memakai baju warna feminin bila bayi Anda perempuan, seperti flower power atau touch of orange. Biarkan ide-ide seru Anda mengalir. 
  • Kado agar memenuhi kebutuhan dan tidak ada kado yang ganda, gunakan gift registry. 
  • Dekorasi segalanya tentang bayi dan bayi! Hiasan dinding dari empeng yang digantung, serbet makan kertas berbentuk baju bayi, balon dekorasi dihias kertas-kertas berbentuk empeng atau bip, peletakan boneka softtoys, kerincingan serta teether sebagai hiasan meja, pajang foto-foto  Anda dan suami saat bayi (lucu!), letakkan kursi goyang ibu baru sebagai aksen dekorasi ruangan dan “singgasana” Anda... banyak ide yang bisa “gila-gilaan” Anda eksplore!  
  • Hidangan disesuaikan dengan waktu baby shower –kudapan teman minum teh, atau makanan lengkap. Penyajian secara prasmanan lebih praktis dan ekonomis ketimbang sit-down meal. 
5. Pembawa acara akan membuat suasana baby shower lebih hidup. Idealnya, ia mengenal baik ibu hamil pengundang, seperti Tyra Banks yang menjadi pembawa acara di baby shower sahabatnya, Jessica Alba. Menyewa jasa profesional tentu tidak dilarang, namun ia harus memahami, di acara ini, “bintang” terpenting adalah sang ibu hamil!

6. Acara dan games di baby shower supermodel Naomi Watts, ia dan tamu-tamunya duduk santai di pinggir kolam renang rumah Naomi di  Brentwood, LA,  sambil meronce kalung. Baby shower  tak perlu formal. Anda bisa mengadakan games seru misalnya  :
  • Tebak Bunda   Peserta diminta menulis di kertas jawaban atas pertanyaan tentang diri sang ibu hamil: nama asli sesuai KTP, nomor sepatu, acara TV favoritnya, nama dokter kandungannya, dan lain-lain. Penebak terbanyak dengan benar, ialah pemenangnya.
  • Ukur Perut Ibu   Pserta diminta menebak ukuran diameter perut ibu hamil. Jawaban yang paling mendekati adalah pemenangnya.
  • Tebak Barang Bayi  Peserta bergiliran melihat keranjang berisi 20 jenis barang bayi –peniti, cutton bud, empeng, dan lain-lain– selama 10 detik. Setelah itu, masing-masing menuliskan daftar barang tadi. Pemenang adalah yang dapat mengingat terbanyak.
  • Kontes Ngedot   Sediakan botol-botol atau cangkir minum bayi dan isi dengan sirup. Buatlah lomba adu cepat minum dari cangkir atau botol bayi tersebut. Seru!
7.  Goodie bag  Buatlah tamu tersenyum saat membawa pulang goodie bag dari baby shower Anda.  Tidak harus mahal tentunya, yang penting seru dan sangat personal, tanda terima kasih dari Anda.   





 



Artikel Rekomendasi