Kena Wasir Saat Melahirkan

 

Wasir merupakan gangguan pembuluh darah di area rektum (anus) yang biasanya berbentuk pembengkakan. Bentuknya bisa berupa bulatan menonjol, lembaran yang ke luar anus atau hanya rasa perih di bagian dalam anus.

Terjadi saat masa kehamilan
Sebetulnya wasir sudah terbentuk selama masa kehamilan. Wasir biasanya muncul akibat pembesaran rahim sehingga pembuluh darah yang mengalir di area anus membesar dan membentuk benjolan. Namun, wasir juga bisa terjadi saat proses persalinan. Ibu yang mengejan terlalu lama dan proses persalinan cenderung sulit membuat pembuluh darah di area anus yang membesar akibat kehamilan bisa semakin tertekan dan membentuk wasir.

Hilang dengan sendirinya
Wasir bisa terjadi di dalam atau di luar anus. Anda akan dilakukan observasi oleh dokter, untuk melihat derajat keparahan wasir. Bila masih ringan, maka wasir ini akan hilang dengan sendirinya, sebaliknya bila berat, maka Anda harus melakukan operasi.

Konsumsi makanan berserat
Kondisi sembelit akan memperparah wasir. Itulah sebabnya Anda perlu meminimalkan nyeri wasir dengan konsumsi makanan berserat dan cukup asupan cairan untuk menghindari sembelit.

(BEBBY ASTRIKA/ERN)
KONSULTASI DR. RICKY SUSANTO, M.Kes., SpOG, RS BETHSAIDA, TANGERANG.

 



Artikel Rekomendasi