Kontrasepsi Aman Untuk Ibu Menyusui

 

Setelah melahirkan,  Anda ingin fokus mengasuh dan menyusui tanpa khawatir  “kebobolan” hamil lagi. Cara mencegahnya dengan memakai alat kontrasepsi. Tapi untuk ibu menyusui, cari tahu pilihan kontrasepsi yang aman. Untuk ibu menyusui, pilihan kontrasepsi yang aman adalah kontrasepsi non hormonal. Beberapa alat kontrasepsi ini  bisa Anda pilih :
  • Kondom untuk mencegah agar sperma tidak masuk ke dalam serviks.
  • IUD (Intrauterine Device).
  • Spermatisida, yaitu bahan kimia berbentuk cairan atau krim untuk membunuh sperma.
  • Operasi tubektomi, bagi yang memenuhi syarat dan indikasi. Yaitu dengan mengikat tuba falopi agar sperma tidak dapat mencapai sel telur.
  • Diafragma, yaitu sejenis alat dari bahan lateks lembut atau silikon yang dimasukkan ke dalam serviks untuk membentengi serviks agar sperma tidak dapat mencapai uterus. Jika Anda memilih kontrasepsi ini, hubungi dokter untuk mengukur ulang diafragma yang akan digunakan karena ukuran dan bentuk  leher rahim dapat berubah paskamelahirkan. Diafragma dapat digunakan kembali 6 minggu setelah melahirkan. (me)
Baca juga:
Menyusui Cegah Kehamilan Sundulan
Menemukan Metode Kontrasepsi Yang Tepat

 



Artikel Rekomendasi

post4

Obat Pereda Sakit Saat Melahirkan

Jujur saja, melahirkan memang sakit, karena ada aktivitas besar tubuh untuk mengeluarkan bayi. Tapi ada gas etonox, epidural, ILA, untuk kurangi rasa sakitnya. Silakan dipilih!... read more