Masalah Menyusui: Milk Blister

Masalah Menyusui: Milk Blister Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Milk blister adalah salah satu masalah yang umum ditemui saat menyusui. Tandanya adalah bintil putih seperti jerawat yang mau pecah pada puting payudara.

Apa Itu? Ketika puting lecet, secara alami akan membentuk kulit baru. Pada saat proses pembentukan tersebut, terdapat sisa ASI yang menutupi pori-pori puting payudara, sehingga saat kulit terbentuk saluran ASI tertutup. Terlihatlah sebuah bintil putih seperti jerawat yang mau pecah di atas puting payudara. Ibu yang mengalami milk blister biasanya akan merasakan sakit yang amat sangat saat bayi menyusu.Puting payudara seakan ditusuk beribu jarum. Hal ini disebabkan saluran ASI tersumbat dan tidak menemukan jalan keluar saat ASI dihisap oleh bayi.

Penyebab Milk Blister. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya penyumbatan saluran ASI. Seperti misalnya, produksi ASI yang berlimpah atau tekanan di area tertentu.Pelekatan tak sempurna, cara bayi menghisap dan masalah lidah seperti tongue-tied juga bisa menjadi penyebab timbulnya milk blister.

Cara Mengatasinya

Ada empat cara untuk mengatasi milk blister atau penyumbatan saluran ASI, yaitu:
  1. Kompres hangat payudara tiap kali Anda akan menyusui. Secara berkala, setiap hari rendam payudara pada air larutan garam yang hangat untuk membuka kembali pori-pori puting yang tersumbat.
  2. Bersihkan sisa ASI yang menghambat saluran. Gosok spot putih atau milk blister menggunakan waslap lembut. Jika penyumbat masih belum terangkat, tarik menggunakan jari-jari yang bersih. Jika kedua cara tersebut belum juga berhasil, bantuan jarum steril mungkin diperlukan. Setelah payudara dibersihkan dengan handuk hangat bersih, gunakan jarum steril untuk mengangkat kulit yang menyumbat, hingga saluran ASI terbuka. Bila Anda tak berani melakukannya, mintalah bantuan bidan atau ahi laktasi.
  3. Tetaplah menyusui atau gunakan pompa ASI berstandar rumah sakit. Mulailah dengan payudara yang tersumbat, langsung setelah dikompres dengan waslap hangat.
  4. Atasi milk blister setelah Anda menyusui untuk mempercepat proses penyembuhan.




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89470   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30403   
>  Mengasuh Anak Autis   21624   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18294