Pengurang Sakit Melahirkan

 

Proses persalinan memang menyakitkan. Namun, ada berbagai macam pilihan penghilang rasa sakit yang bisa Anda pilih saat melahirkan.
  • Kolam melahirkan. Hydroterapi menggunakan air hangat. Cara kerja: merendam diri dalam kolam melahirkan. Temperatur air akan dimonitor, tidak boleh lebih dari 37,5 derajat celcius dan temperatur tubuh Anda juga akan dimonitor.
  • Gas Entonox, adalah campuran oksigen dan oksida nitrat (N2O) atau gas tawa yang bisa menghilangkan rasa sakit tanpa menimbulkan rasa kantuk. Metode ini jarang ditemukan di Indonesia. Cara kerja: menggunakan masker, hirup gas entonox saat merasakan kontraksi hingga kontraksi menghilang. Dekatkan masker ke hidung dan hirup dalam-dalam gas tersebut secara teratur. Hanya membutuhkan waktu 35-45 detik untuk merasakan efeknya. Anda bisa ulangi lagi saat setiap Anda mengalami kontraksi.
  • Epidural, anestesi regional yang berarti mencegah sensasi rasa sakit hanya di bagian tertentu tubuh. Epidural menghilangkan rasa nyeri tapi kontraksi tetap berlangsung sehingga Anda bisa melahirkan pervaginam. Prosedur ini dilakukan oleh dokter anestesi. Cara kerja: pertama diinfus dengan cairan yang membantu mengatasi penurunan tekanan darah. Lalu, ambil posisi meringkuk untuk disuntikkan jarum di rongga epidural bagian bawah tulang punggung (lumbar). Setelah itu dipasang kateter untuk menyalurkan epidural. Anda akan merasa terasa hangat, kesemutan di bagian bawah tubuh dan rasa nyeri hilang tanda epidural bekerja. Efek epidural bertahan hingga 6-7 jam.
  • Intrathecal Labor Analgesia (ILA) seperti epidural adalah anestesi regional. ILA bisa menghilangkan rasa nyeri tapi kontraksi tetap berlangsung sehingga Anda bisa melahirkan pervaginam. Dilakukan oleh dokter anestesi. Cara kerja: menyuntikkan anestesi ke bagian lumbar ke 34 atau 45. Dalam posisi meringkuk, jarum ditusukkan di bagian subarachnoid, tempat dimana terdapat cairan otak untuk menghalangi rasa nyeri akibat kontraksi. Anda akan merasa hangat, kesemutan di bagian bawah tubuh dan rasa nyeri hilang tanda ILA bekerja. Efek ILA bertahan hingga 6-7 jam.
  • Pethidine serupa dengan morfin dan herion yang termasuk dalam kelompok opioids. Pethidine bekerja dengan meniru efek endofin yang bekerja seperti penghilang rasa sakit alami tubuh. Dilakukan oleh dokter anestesi. Cara kerja: Ada dua cara pemberian pethidine, pertama dengan cara disuntikkan ke otot, biasanya di bagian paha atau bokong. Efeknya terasa 2-3 jam. Cara lain, lewat infus yang disalurkan ke pembuluh vena. Efeknya langsung terasa dalam beberapa menit.
Alternatif pain relief
  • Homeopati, dengan menggunakan ramuan alami sebagai pengganti obat-obatan medis.
  • Akupuntur, dengan menusukkan jarum di sejumlah titik tertentu di tubuh.
  • Hypnobirthing, dengan menghipnotis diri sendiri untuk meminimalkan rasa takut, sakit dan tegang.
  • Pijatan, dengan merilekskan ketegangan otot di punggung dan punggung bagian bawah. (me)


 



Artikel Rekomendasi

post4

Obat Pereda Sakit Saat Melahirkan

Jujur saja, melahirkan memang sakit, karena ada aktivitas besar tubuh untuk mengeluarkan bayi. Tapi ada gas etonox, epidural, ILA, untuk kurangi rasa sakitnya. Silakan dipilih!... read more