Penyebab Nyeri Persalinan

 

Persalinan memang disertai rasa nyeri akibat adanya aktivitas besar di dalam tubuh untuk mengeluarkan bayi. Kenali lebih jauh tentang penyebab nyeri persalinan.

Peregangan dan pelebaran mulut rahim. Persalinan diartikan sebagai peregangan dan pelebaran mulut rahim, yang terjadi ketika otot-otot rahim berkontraksi mendorong bayi keluar. Otot-otot rahim menegang selama kontraksi. Bersamaan dengan setiap kontraksi, kandung kemih, rectum, tulang belakang dan tulang pubik menerima tekanan kuat dari rahim. Berat kepala bayi ketika bergerak turun ke saluran rahim juga menyebabkan tekanan. Semua itu terasa menyakitkan bagi ibu.

Secara medis, sakit kontraksi dikategorikan bersifat tumpul atau visceral dull and aching:
  • Umumnya, rasa sakit dimulai dari bagian bawah punggung, kemudian menyebar ke bagian bawah perut, mungkin juga kaki.
  • Rasa sakit dimulai seperti sedikit tertusuk, mencapai puncak, kemudian hilang. Sebagian ibu merasakannya sebagai kram haid yang parah atau seperti gangguan saluran pencernaan atau diare.
Secara medis, sakit kontraksi dikategorikan bersifat tajam dan panas atau somatic-sharp and burning. Rasa sakit terjadi saat kepala bayi muncul di vagina. Jaringan antara vagina dengan anus (perineum) terentang kencang akibat kepala bayi mendorongnya terbuka. Ibu merasakan sakit akibat perobekan jaringan.  Sebagian ibu merasa bagian bawahnya akan “meledak,” ada juga yang merasa seperti akan BAB setelah sembelit satu bulan.

Penyebab nyeri makin parah:
  • Faktor fisik, misalnya persalinan dengan induksi, episiotomi, penggunaan alat bantu forsep atau vakum untuk mengeluarkan bayi, pemutaran bayi akibat posisi sungsang, serta ibu lapar, haus atau lelah.
  • Faktor psikologis, misalnya ibu melahirkan sendiri tanpa pendamping persalinan, ibu takut pada hal-hal yan belum diketahuinya tentang melahirkan. Ibu terus berpikir tentang sakit, stres, cemas, tegang, mengasihani diri sendiri, tidak siap melahirkan, atau kehamilan tidak diinginkan.
  • Faktor tenaga medis, seperti tidak bersahabat, terlambat datang, tidak memahami prosedur persalinan atau cara menggunakan alat, sehingga terlalu sering melakukan pemeriksaan dalam dan sebagainya. (me)
Baca juga:
Melahirkan Tanpa Nyeri
Sisi Lain Nyeri Bersalin
Cara alami redakan nyeri melahirkan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Obat Pereda Sakit Saat Melahirkan

Jujur saja, melahirkan memang sakit, karena ada aktivitas besar tubuh untuk mengeluarkan bayi. Tapi ada gas etonox, epidural, ILA, untuk kurangi rasa sakitnya. Silakan dipilih!... read more