Tunda Diet Saat Menyusui!

 

Bila kebutuhan energi dan zat-zat gizi selama masa menyusui tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka kesehatan Anda bisa terganggu, kualitas dan kuantitas ASI juga tidak baik, dan jangka waktu Anda untuk memproduksi ASI  jadi relatif singkat. Urungkan dulu niat diet Anda selama menyusui. Prioritaskan dulu kebutuhan dan kesehatan bayi Anda.

Tindakan penting ibu
  • Memperhatikan asupan gizi selama menyusui. Anda butuh kalori dan zat-zat gizi lebih banyak dibandingkan saat hamil. Selama 6 bulan pertama masa laktasi dibutuhkan sekitar 2900 Kalori/orang/hari, dan selama 6 bulan kedua dibutuhkan sekitar 2700 Kalori/orang/hari. Di sini pentingnya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang demgam jenis yang bervariasi setiap hari, yakni terdiri dari  makanan sumber karbohidrat, protein,  lemak, vitamin, mineral, dan serat. Di lain pihak, kurangi konsumsi lemak dan gula, serta junk foods.
  • Minum lebih banyak cairan, seperti air putih, susu, atau sari buah tanpa gula. Usahakan minum minimal 8 gelas sehari, atau kira-kira 1-2 liter air selama 24 jam. 
  • Tak terlalu khawatir dengan bentuk tubuh Anda kini. Ketahui bahwa dengan menyusui, penurunan berat badan Anda akan lebih cepat daripada ibu yang tidak menyusui karena cadangan lemak dalam tubuh ibu -yang memang disiapkan selama kehamilan sebagai sumber energi pembentukan ASI- akan menyusut.
  • Berolahraga secara rutin karena bisa membantu menghilangkan kelebihan berat badan. Tentu setelah mendapat izin dari dokter.
Baca juga:
Diet Saat Menyusui

 



Artikel Rekomendasi

post4

Obat Pereda Sakit Saat Melahirkan

Jujur saja, melahirkan memang sakit, karena ada aktivitas besar tubuh untuk mengeluarkan bayi. Tapi ada gas etonox, epidural, ILA, untuk kurangi rasa sakitnya. Silakan dipilih!... read more