Intim Pasca Caesar


Tanya: Setelah menjalani operasi Caesar, berapa lama waktu yang diperlukan dan aman untuk berhubungan seks kembali? Berapa lama jeda waktu untuk kembali hamil? Apa KB yang cocok bagi ibu yang masih menyususi?

Jawab: Empat puluh hari setelah melahirkan, organ kelamin wanita sudah kembali normal, sama seperti ketika belum hamil. Pada saat ini sudah tidak ada masalah lagi bila ingin melakukan hubungan seksual. Metoda KB yang tepat untuk ibu yang sedang menyusui bisa berupa pil khusus ibu menyusui (hanya mengandung preparat progestin saja), suntik 3 bulan sekali, susuk atau implant, dan spiral. Setiap metoda memiliki kelebihan dan kelemahan, sehingga pilih yang sesuai dengan kondisi dan keinginan pemakai. Yang pasti, kontrasepsi yang saya sebut di atas tidak mempengaruhi produksi ASI.
Interval terbaik untuk hamil kembali pasca operasi Caesar minimal 2 tahun. Dalam periode itu, kesehatan ibu dan bayi dapat dijaga. Misalnya saja, secara fisik kondisi ibu sudha benar-benar pulih, dan bayi (kakak) sudah selesai masa disusui. 
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda