Menyusui, Payudara Besar Sebelah

 

Tanya: Anak saya (15 bulan) rewel bila menyusu di payudara kanan. Akibatnya, payudara kanan saya mengecil dan ASI kurang. Apakah ASI di payudara kanan saya akan basi? Bagaimana caranya agar payudara tidak besar sebelah dan tetap berisi?

Jawab: Bagus sekali Anda masih terus memberi ASI sampai saat ini. Memang, ada bayi yang lebih suka pada salah satu payudara. Situasi ini dinamakan siding. Penyebabnya antara lain posisi bayi yang tidak nyaman, terasa nyeri atau sakit dalam posisi salah satu payudara, atau minumnya menjadi tidak efektif pada posisi tersebut. Periksa kembali posisi anak dan coba temukan posisi yang nyaman, bisa dengan berbaring atau setengah duduk.
1.    ASI tidak akan jadi basi selama masih dalam payudara.
2.    Bila sliding berlanjut, payudara akan terlihat tidak sama besar. Agar tidak terlihat tidak sama besar. Agar tidak terlihat terlalu berbeda, perah ASI dari payudara kanan atau coba tawarkan ASI dari payudara kanan saat anak tidka terlalu lapar.
3.    Payudara akan kembali ke ukuran semula setelah ibu berhenti menyusui. Agar lebih kencang, lakukan olahraga untuk melatih otot dada.
dr. Nanis Sacharina, SpA, IBCLC

 



Artikel Rekomendasi