Sesaat Bayi Lahir

 

Lakukan empat hal ini, sesaat setelah dia hadir di dunia. Sentuh, ajak ‘bicara’, beri ASI, dan jaga ucapan serta perilaku Anda.

Sentuh. Begitu keluar dari rahim Anda, biarkan bayi Anda merangkak dan merayap di dada Anda untuk mencari puting payudara, seperti yang dianjurkan dalam  program Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Jangan dibungkus selimut dan diletakkan di tempat tidur bayi, tapi peluk dan dekaplah dia di dada Anda.

Ajak 'bicara.'
Dia mengenali suara Anda, ibunya, sejak di dalam rahim. Dia tahu siapa Anda. Suara Anda akan membantu menenangkan bayi yang masih bingung dan kaget dengan suasana baru di luar rahim. Menyanyilah meski Anda bukan penyanyi! Bayi Anda akan menikmati nyanyian Anda.

Ucapkan & lakukan yang baik-baik. Anda mungkin sangsi. Tapi, bayi Anda adalah makhluk cerdas! Dia peniru hebat. Semua yang Anda katakan dan lakukan akan direkam dan diingatnya sejak pertama kali dia bertemu Anda. Karena itu, jaga ucapan dan perilaku Anda karena Anda adalah panutan baginya.  

Beri ASI. Apa pun yang Anda makan ikut dimakan bayi Anda melalui ASI yang Anda berikan. ASI merupakan makanan dan sumber energi penopang kehidupan bayi Anda selama menjalani kehidupannya, minimal 6 bulan pertama. Kegiatan menyusui merupakan sarana untuk menguatkan bonding di antara Anda dan bayi Anda sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang Anda. (ME)

Baca juga:
Wajah Khas Bayi Baru Lahir

7 Fakta Bayi Baru Lahir
11 Penyakit Bayi Baru

 



Artikel Rekomendasi