Tips 'Me Time' Ibu Tanpa Merasa Bersalah

 

Jika rasa bersalah karena “mengabaikan” anak saat menikmati  me time begitu sulit dikesampingkan, cobalah kreatif memilih bentuk aktivitasnya.  
  • Sediakan ‘boks sibuk.’ Tak ada hal yang menyenangkan anak selain bisa memainkan benda-benda milik orang dewasa  yang biasanya “terlarang,” seperti telepon, mouse, dan  lain-lain. Pilih benda yang aman untuk anak lalu masukkan ke sebuah boks.  “Paket” mainan dijamin akan membuat anak asyik: Memasukkan-mengeluarkan, memijat-mijat, menggeser-geser,  berhalo-halo dan sebagainya.

Menyibukkan anak selama 30 menit, berarti cukup untuk Bunda berbaring di sofa ditemani secangkir teh atau kopi, menonton acara televisi kegemaran, unggah foto di instagram atau cek akun facebook.

 


Ajak berkegiatan yang sama. Misalnya, ajak anak ke toko buku. Di sana Anda bisa membaca sinopsis, sementara anak buka buku kesukaannya. Atau pergi ke spa ibu dan anak. Menyibukkan anak selama 15-30 menit berarti cukup untuk Anda melihat-lihat buku terbaru. Sedangkan bila di spa,  selagi Anda menikmati pijat refleksi atau totok wajah, anak juga nyaman dipijat atau berendam bersama terapisnya.

 

Kreasi di alam terbuka. Halaman atau taman depan rumah bisa menjadi tempat yang aman bagi anak untuk kegiatan seru. Coba pasang tenda atau kolam renang karetnya. Atau, beri ia tantangan menarik untuk membuat rumah burung dari benda-benda yang ditemukan. Jika ia suka menggambar, bekali ia dengan kertas atau krayon, dan minta ia melukis apa saja yang dilihatnya.


Menyibukkan anak selama 15-30 menit berarti cukup untuk Bunda menuntaskan bacaan (surat kabar,  majalah, buku) atau menyelesaikan sketsa. Kegiatan singkat yang akan memberi Anda perasaan segar dan ‘pintar.’

Main air adalah salah satu kegiatan yang bisa membuat anak senang. Sediakan saja ember besar berisi air, gayung, gelas takar dan cangkir atau botol plastik. Kenakan ia pakaian renang pertanda “siap” basah-basahan. Menyibukkan anak selama 30 menit cukup untuk Bunda dipijat oleh mbok pijat yang dapat dipanggil ke rumah, bersepeda statis, atau melakukan yoga.

Playdate dengan anak sahabat.  Rencanakan playdate dengan anak sahabat yang seumur.Tentukan tempatnya, bisa di salah satu rumah,  atau di playground yang memiliki fasilitas kafe atau lounge bagi orangtua. Pastikan mainan di playground sesuai dengan usia anak dan aman. Menyibukkan anak selama 30 menit sampai 1 jam berarti cukup untuk Bunda mengobrol sambil ngopi  dan menikmati  kue. Bisa  membantu melonggarkan ketegangan dan mendatangkan energi baru.


Berlibur bersama. Pilih liburan di tempat-tempat yang tidak padat pengunjung di masa pandemi ini. Tak perlu membuat acara yang  padat agar Anda punya kesempatan bersantai.  Seperti, di hotel, daftarkan anak ikut aktivitas yang diselenggarakan pihak hotel, misal belajar berenang, bermain bola atau cooking class. 


Baca juga:

 

 



Artikel Rekomendasi