Makanan Italia untuk Keluarga

 

Sebagai variasi dari masakan, cobalah masakan khas Italia, seperti spageti, pizza, dan lasagna. Ketiga makanan tersebut mengandung tinggi karbohidrat dan protein yang dibutuhkan anak sehari-hari.
   
Lemak, vitamin dan mineral juga banyak terkandung dalam beberapa masakan Italia. Lemak berfungsi sebagai sumber energi, pelarut vitamin A, D, E dan K, sebagai pelumas dan membantu mengeluarkan sisa makanan di dalam pencernaan, memelihara suhu tubuh dan sebagai pelindung organ tubuh. Namun, perhatikan porsi dalam penyajian lemak melalui minyak.

Kelezatan makanan  Italia  tercipta karena penambahan rempah-rempah yang beragam. Tak heran bila masakan ini memiliki cita rasa yang gurih dan sehat dari rempah-rempah alami, seperti peterseli, basil, rosemary, daun thyme, cengkih, pala, bawang putih dan irisan atau perasan jeruk lemon. Selain rempah-rempah, masakan ini juga ditentukan oleh beberapa jenis lemak, seperti penggunaan mentega dan minyak zaitun yang menambah cita rasa masakan Italia menjadi lebih lezat.

Keunggulan lain dari masakan Italia adalah sederhana dan hemat, namun memberikan variasi yang lebih. Makanan pokok yang digunakan seperti nasi, roti dan pasta sangat mungkin dipadukan dengan lauk pauk sederhana, misalnya irisan daging, ayam atau ikan. Penggunaan bahan-bahan makanan segar, bebas dari bahan pengawet dan tanpa penggunaan bahan makanan beku membuatnya semakin lezat. Tak jarang, parutan keju yang melimpah juga menghiasi bagian atas makanan.
    
Tip meracik masakan Italia untuk anak:
  • Bentuk unik. Berekperimenlah dengan bentuk-bentuk yang lucu untuk anak saat Anda memasak masakan Italia. Misalnya, pizza yang dibentuk menjadi bentuk hewan lucu, spageti yang disusun menjadi bento dengan penambahan sayuran rebus.
  • Variasi lauk. Tak hanya menggunakan daging, untuk membuat spageti, lasagna atau masakan lain, Anda bisa mengganti daging dengan ikan atau ayam. Tambahkan juga sayuran potong kesukaan anak.
  • Sembunyikan sayur. Beberapa masakan Italia sangat mungkin Anda manfaatkan untuk menyembunyikan sayur dan buah bila si kecil tak suka sayur. Contohnya, fritata, lasagna, es granita. Selipkan dalam potongan kecil, atau blender sayur dan buah lalu campurkan ke dalamnya.
  • Ajak anak memasak bersama. Banyak langkah mudah yang bisa ia lakukan untuk membantu Anda. Coba saja berikan topping pizza favoritnya dan biarkan ia menyusunnya di atas pizza. Jangan lupa untuk selalu mengawasi anak saat memasak.

 



Artikel Rekomendasi