Mengenal Jenis Kacang dan Manfaatnya

 

Siapa yang tak suka menyantap kacang? Anak-anak boleh menikmati kacang, namun bukan kacang utuh yang biasa Anda santap, tetapi seperti kacang kedelai yang mengandung protein.

Kacang ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan kuku dan rambut anak, seperti zat besi, seng dan biotin. Sementara walnut, almond dan kacang mete bisa menjadi sumber zat besi, seng, kalium, magnesium dan vitamin B kompleks. Lemak yang terkandung merupakan lemak tak jenuh.

Namun, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memberkan kacang pada anak:
  1. Sebaiknya anak tidak mengonsumsi kacang-kacangan kategori nuts seperti kacang tanah atau mete terlalu banyak, karena memiliki kandungan garam yang seringkali cukup tinggi.
  2. Jangan memberikan kacang-kacangan atau biji-bijian dalam keadaan utuh pada balita, untuk menghindari risiko tersedak.
  3. Bila anak alergi, sebaiknya hindari makanan yang berlabel "may contain nuts". Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan protein nabati lainnya seperti jagung, beras, gandum, atau oat.
  4. Walau aman memberikan olahan kacang-kacangan yang termasuk kategori beans untuk bayi, pastikan diolah cukup lama hingga teksturnya empuk.

Jenis-Jenis Kacang

  • Kacang merah: Mengandung banyak serat yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta kaya zat besi.
  • Kacang hitam: Merupakan kombinasi serat dan protein, kaya flavanoid yang bisa menjadi antioksidan, juga mengandung asam lemak omega-3.
  • Kacang hijau: Kandungan vitamin E pada kacang hijau, baik untuk menghaluskan kulit, sementara kandungan kalsium dan magnesiumnya, baik untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Kacang mete: Memiliki lemak tak jenuh, tinggi protein dan serat, serta rendah karbohidrat.
  • Kacang almond: Antioksidan dalam vitamin E yang terkandung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan baik untuk kesehatan jantung.
  • Kacang tanah: Tidak menyebabkan jerawat, kacang tanah justru mengandung vitamin E yang baik bagi kulit.


 



Artikel Rekomendasi

post4

8 Fakta Tentang Kurma

Buah kurma memang lebih 'dipuja' saat bulan puasa, namun tetap dijual belikan meski bukan bulan puasa. Karena kurma kaya manfaat.... read more

post4

10 Super Snack

Diantara jam makan bisa dimanfaatkan untuk menambah asupan makan dengan camilan. Namun harus pilih-pilih camilannya ya! Agar asupan terpenuhi, tidak berlebih dan tetap sehat. ... read more