Kurang Cairan Bisa Bikin Suasana Hati Jelek

 






















Hasil studi pakar gizi,  Lawrence E Amstrong PhD  dan Harris R Lieberman PhD dari Amerika Serikat menyimpulkan,  bahwa dehidrasi dapat berdampak negatif pada tingkat kinerja, kognitif dan mood.

Dan menurut Dr.dr. Saptawati Bardosono, MSc - Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia Jakarta Raya, perempuan lebih sensitif terhadap pengaruh kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi dibanding pada pria. Pada tingkat dehidrasi 1,3%, perempuan telah menunjukkan gejala berkurangnya kinerja, kemampuan kognitif dan mood serta menunjukkan gejala-gejala umum dehidrasi. Sedangkan pada pria mulai ada pengaruh kekurangan cairan pada tingkat dehidrasi 1,5%.

Perempun lebih rentan mengalami dehidrasi, apalagi dalam kondisi hamil,  karena kadar lemak lebih besar dan kandungan air dalam tubuh lebih rendah.  Cukupi asupan air minum 8-12 gelas air minum untuk ibu hamil agar tak mengalami suasana hati dan pikiran dari  waktu ke waktu dan  sepanjang hari. (me)

Air penting untuk memelihara kesehatan mental. Bunda pernah dengar soal ini? Menurut riset yang dikutip oleh healthline.com, dehidrasi dapat meningkatkan risiko kecemasan dan depresi. Apa hubungannya?

Beberapa riset menunjukkan hubungan antara dehidrasi dan risiko kecemasan. Efek dehidrasi sedang saja, tapi signifikan. Orang yang minum banyak air cenderung lebih tenang, dan kekurangan cairan bisa meningkatkan tekanan. Ini tanda-tanda kekurangan air:
- Haus
- Mulut kering
- Perubahan pada kulit (kering dan kemerahan)
- Urin berwarna kuning gelap
- Konstipasi
- Detak  jantung meningkat
- Sulit tidur atau kelelahan
- Sakit kepala, mual

Pada bayi dan anak-anak kekurangan cairan ditandai dengan:
- Bingung
- Popok kering
- Lesu
- Menangis tanpa air mata

Memenuhi kebutuhan cairan tidak melulu dipenuhi dengan air, tetapi bisa dari sumber lain seperti buah dan sayuran yang mengandung banyak air. Di Indonesia, masakan berkuah juga bisa menambah asupan cairan. 

Baca juga:
Atasi Dehidrasi pada Ibu Hamil
Jangan Sampai Balita Dehidrasi
Mengatasi Dehidrasi pada Bayi
Cegah Dehidrasi
Dehidrasi Pengaruhi Kinerja Organ Tubuh

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Bijak Membeli, Selamatkan Bumi

Kesadaran untuk membeli bahan makanan yang ramah lingkungan, saat ini sudah menjadi tren di negara maju. Jika Anda memilih bahan makanan sampai memasak dengan benar, berarti Anda sudah berperan aktif ... read more