Hati-hati Foodborne Illnes

 

Foodborne Illnes adalah penyakit yang disebabkan makanan yang terkontaminasi organisme seperti bakteri E coli, salmonella, hepatitis dan listeria. Organisme tersebut ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti daging, telur, nasi, sayuran, susu dan makanan laut.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), AS, Foodborne Illnes menyebabkan 325.000 orang masuk rumah sakit dan 5000 orang meninggal setiap tahun. Gejala penyakit ini antara lain, diare, mual, muntah, demam, dan sakit kepala. Gejala bisa timbul dalam waktu setengah jam, beberap ahari sampai berminggu-minggu setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, tergantung berapa banyak organisme yang mencemari makanan tersebut. Untuk mengetahui jenis organisme mana yang bertanggung jawab, diperlukan tes laboraturium.

Upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah tidak jajan sembarangan, apalagi bila bersama balita. bil aingin jajan, belilah di tempat yang higienis dan reputasinya terjaga. Lebih baik lagi, Anda buatkan sendiri makanan untuk balita.

Baca juga:
Bebas Keracunan Nitrat
Cara Tepat Simpan Bahan Segar & Kering
Olah Kentang Tetap Bergizi dan Enak
Cermat Memilih Jus Kemasan
Tips Membersihkan Sayur dan Buah
Tips Awet Simpan Daging & Ikan
Tips Memastikan Kesegaran Susu
Membaca Logo Produk Ramah Lingkungan
Tips Memilih Roti dan Cara Menyimpan





 



Artikel Rekomendasi