Jaga Selalu Kebersihan Kamar Mandi!

 

Kamar mandi dan toilet harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu ventilasi udara dan pencahayaan yang baik, serta kebersihannya terjaga. Bila tidak, kesehatan dan keselamatan keluarga, terutama balita, semakin besar berpeluang terinfeksi kuman penyakit atau kecelakaan di area itu.

Anda perlu mengenali beberapa hal yang patut diwaspadai di kamar mandi keluraga Anda, cara merawat dan menggunakan kamar mandi yang benar.  

Waspada 3 paparan
  • Paparan biologis, seperti bakteri, parasit, dan virus. Mikroorganisme ini bisa berpindah dari satu anggota keluarga ke anggota keluarga lain yang menggunakan kamar mandi. Misalnya, lewat udara atau kontak kulit tangan dengan kran atau pintu kamar mandi. Potensi penyebaran  semakin besar dengan adanya hewan dan serangga, seperti cacing, tikus, nyamuk, dan kecoa.
  • Paparan fisik, seperti kelembapan yang berlebih, dan pencahayaan yang redup, bahkan terlalu gelap. Selain mengurangi kenyamanan, hal-hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko paparan biologis. Kelembapan yang tinggi dan suasana redup, misalnya, bisa mempercepat pertumbuhan lumut dan mengundang datangnya kecoa atau serangga lain.  
  • Paparan kimia, seperti bahan kmia yang ada di udara, lantai, cat dan  air. Bahan-bahan ini bisa masuk ke dalam tubuh kita dengan cara terhirup, tertelan atau melalui kontak kulit. Semakin lama terpapar, semakin besar dampaknya.
Perkecil risiko paparan dengan:
  • Terapkan prinsip ventilasi udara yang benar agar kamar mandi tidak lembap.  Bila posisi kamar mandi tidak memungkinkan mendapat ventilasi dan lubang udara, siasati dengan menggunakan alat pengisap udara (exhaust fan).
  • Hindari terjadi genangan air. Bila lantai kamar mandi selalu tergenang air, potensi terjadinya paparan biologis meningkat. Disini pentingnya mendesain kamar mandi dengan cermat, khususnya sistem pembuangan airnya.  
  • Perhatikan kualitas air. Paparan biologis dan kimia dapat mengancam melalui air. Bila perlu, periksakan kualitas air yang Anda gunakan, apalagi bila Anda menggunakan air tanah. 
Baca:
Tips Memelihara Kebersihan Kamar Mandi
Ajarkan Balita Menjaga Kebersihan Kamar Mandi


 



Artikel Rekomendasi