Menggoreng, Pilih Minyak yang Sehat!

Menggoreng, Pilih Minyak yang Sehat! Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Mutu minyak goreng ditentukan oleh titik asapnya, yaitu, suhu pemanasan minyak sampai timbul asap tipis kebiruan. Pada suhu itu, akan terbentuk aroma tidak enak dan senyawa yang dapat menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan, serta kerusakan zat gizi. Makin tinggi titik asap, makin baik mutu minyak goreng. Selain itu, minyak goreng dikatakan baik bagi kesehatan jika mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal atau ganda. Penting juga diingat, konsumsi makanan gorengan berarti mengkonsumsi minyak goreng yang kaya kalori. Itu sebabnya, konsumsilah gorengan secukupnya saja.
  • Minyak kelapa. Kandungan: asam lemak jenuh, hingga 92%.  Bahaya mengonsumsi asam lemak jenuh dalam jumlah besar adalah mengakibatkan hati memproduksi banyak LDL atau low density lipoproteins, dan meningkatkan kadar kolesterol darah, sehingga meningkatkan risiko penyumbatan aliran darah. Kabar baiknya,  asam lemak jenuh dalam minyak kelapa tergolong asam lemak jenuh rantai sedang yang menyehatkan, yaitu asam lemak kaprilat, kaprat, dan asam laurat.  Asam lemak ini cenderung tidak meningkatkan kadar kolesterol, sebab dapat langsung dibakar di dalam hati untuk menghasilkan energi.  
  • Minyak kelapa sawit. Kandungan: asam lemak jenuh dan tak jenuh, yang seimbang.  Komposisi asam lemak inilah yang menyebabkan minyak kelapa sawit cocok untuk menggoreng, karena menyumbang asam lemak tak jenuh, yang menyehatkan tubuh.
  • Minyak canola, minyak zaitun, minyak jagung, minyak biji bunga matahari, minyak kacang kedelai, minyak wijen. Kandungan: asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL (high density lipoproteins) dalam darah. Asam lemak  tak jenuh ganda, khususnya asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3), dibutuhkan untuk pertumbuhan dan mempertahankan struktur membran sel, serta memproduksi zat kimia perantara yang bertugas mengatur fungsi tubuh seperti proses pembekuan darah, pengaturan tekanan darah, dan sistem kekebalan tubuh. Secara umum, omega 6 juga membantu menurunkan kadar kolesterol darah.(me)
Baca juga:
Ragam Minyak Goreng











Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89235   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30241   
>  Mengasuh Anak Autis   21552   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18162