I Daftar Baru I I
Gizi dan Kesehatan
Salah Diet, Picu Osteoporosis!
Jangan sembarangan diet. Salah-salah tulang Anda jadi korbannya terkena osteoporosis alias pengeroposan tulang!

Inilah diet yang salah. Tubuh langsing memang dambaan setiap wanita. Tapi, jangan melakukan diet secara sembarangan, karena bisa-bisa tulang Anda jadi keropos di kemudian hari. Seperti diet berikut ini:
  • Free milk diet atau no milk diet. Diet dengan memusuhi susu ini dilakukan oleh mereka yang berpendapat bahwa, untuk mencapai hasil yang sukses, susu dan produk olahannya harus dihilangkan dari daftar menu! Padahal mengonsumsi makanan berbahan baku susu yang kaya kalsium (Ca), malah akan membantu mengurangi dan mencegah kegemukan. Sebuah riset dari Obese Research Journal, menunjukkan bahwa konsumsi menu berkadar kalsium tinggi dalam bentuk susu dan produk olahannya sebanyak 2 kali dalam sehari, akan mengurangi risiko kegemukan sebesar 70%. Konsumsi kalsium dari susu atau produk olahan susu seperti keju rendah lemak juga akan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh.
  • Tiger diet. Diet yang hanya mengonsumsi daging ini jelas cara yang salah. Dari riset yang dilakukan Dr. Klevay LM dan Dr. Wildman REC dalam Journal of Trace Elements in Medicine and Biology, ditemukan bahwa diet daging akan membuat tubuh kekurangan tembaga dan seng. Akibatnya, tulang paha 23% lebih rapuh dan lemah.
Tubuh butuh kalsium! Sepanjang hidup dan secara terus-menerus, tulang di tubuh kita akan mengalami proses penurunan dan pembaruan atau pembangunan kembali. Proses pembaruan ini hanya dapat berlangsung dengan baik bila tubuh menerima vitamin dan mineral sesuai kebutuhan. Jika konsumsi vitamin dan mineral untuk proses pemeliharaan tulang tidak terpenuhi akibat diet yang salah, maka tubuh Anda akan mengambilnya dari tulang untuk melakukan proses metabolisma di dalam darah. Dengan cara ini, barulah metabolisma di dalam tubuh Anda dapat terus berjalan. Kalau kondisi ini terjadi terus-menerus selama bertahun-tahun, dan Anda tidak mengonsumsi kalsium karena diet yang salah, lama-kelamaan tulang jadi rapuh dan keropos.

Selain menjalani diet yang benar, biasakan pula mengonsumsi kalsium sebanyak 800-1.200 mg/hari. Ini merupakan kebutuhan rata-rata wanita dewasa pada umumnya. Kebutuhan itu dapat dipenuhi antara lain dengan mengonsumsi susu sapi, susu kedelai, yoghurt, keju, ikan (terutama salmon dan sardin), kacang-kacangan, brokoli, kerang, dan aneka jenis sayuran hijau. Lakukan saja diet rendah kalori di bawah pengawasan dokter ahli gizi. Dengan begitu, makanan yang Anda konsumsi tetap mengandung zat gizi yang lengkap dan seimbang.



Komentar
Input komentar
200 karakter tersedia
* Dengan mengklik tombol "kirim" diatas berarti anda telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda
Home - Member Area - Contact Us - Privacy Policy & Disclaimer - Site Map
Portal ini berisi informasi yang bersifat umum dan tidak ditujukan menggantikan saran dokter, psikolog, konselor, terapis dan ahli lainnya.
Konsultasikan keluhan atau masalah spesifik anak Anda dan keluarga kepada ahli.
Copyright © 2012 - 2013 Ayahbunda. All rights reserved.
Dilarang menyalin, mempublikasikan dan mengutip sebagian atau seluruh isi portal tanpa seizin Ayahbunda.
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+