Dana Pribadi Ibu Bekerja

 

Rasanya semua dana tersedot untuk asuransi, belaja bulanan, sekolah anak dan sederet kebutuhan lainnya. Anda perlu dana untuk kebutuhan pribadi? Coba Anda ubah sedikit sudut pandang tentang rencana keuangan keluarga yang selama ini Anda terapkan.

Sejak awal bulan. Setelah melewati serangkain rutinitas kerja setiap hari, Anda butuh refreshing. Anda bisa ajak pasangan pergi bersama sebentar, dua-tiga jam di hari Sabtu atau Minggu. Balita bisa kok Anda tinggal sebentar, bukankah Anda juga butuh me-recharge energi, agar lebih semangat menjalani rutinitas sehari-hari. Jangan merasa bersalah jika sesekali Anda luangkan waktu untuk diri sendiri. Bagaimana dananya? Anda perlu anggarkan khusus tentunya, sejak awal bulan ketika Anda menyusun rencana pengeluaran, sama seperti pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga dan anak.

Rencanakan dan kelola. Dalam bujet pengeluaran, Anda dapat memasukkan poin dana untuk pribadi (untuk kesenagan diri dan pasangan) bersama-sama dengan pengeluaran rumah tangga, transportasi, anak, pekerja rumah tangga Anda, cicilan, asuransi dan biaya kesehatan.

Mungkin Anda perlu berhitung lebih cermat, maka ada baiknya diskusikan soal ini dengan pasangan. Tak perlu menutup-nutupi. Bukahkan pasangan juga memerlukan hal yang sama? Lagipula, jika anda sukses me-recharge energi, dampak positif tercipta dalam keluarga.  Tentu saja dana pribadi ini perlu Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan. Bila keuangan keluarga Anda sehat, silahkan sisihkan untuk dana pribadi 20% dana life style keluarga Anda.

Akan lebih baik siapkan tabungan khusus. Jangan lupa, kelola keuangan Anda agar tetap rajin menyisihkan dana untuk ditabung di pundi-pundi satu ini. Saat sesekali Anda perlu dana cukup besar untuk kebutuhan pribadi, seperti ikut program yoga-spa sekaligus jalan-jalan keluar kota atau menunggu sale butik favorit Anda, kebutuhan ini tercukupi. Dengan begitu rencana pengeluaran bulanan keluarga tetap aman, meski Anda jalan-jalan ke kota atau bahkan luar negeri bersama geng Anda. Tapi ingat, Anda harus tetap bisa mengontrolnya!

Baca juga:
Cara Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga
Mempersiapkan Dana Pendidikan
Memilih Asuransi Kesehatan
Menyusun Anggaran Liburan
Disiplin Kartu Kredit




 



Artikel Rekomendasi