Sedikit, Tentang Si Kartu Kredit!

 

Ayo hitung! Berapa banyak kartu kredit dalam dompet Anda? Bandingkan dengan jawaban Ligwina Hananto, Konsultan Perencana Keuangan mengenai jumlah kartu kredit yang idealnya dimiliki (dan digunakan) keluarga Anda?

Tanya:
Idealnya, berapa banyak kartu kredit yang dimiliki keluarga dan digunakan untuk apa saja?

Jawab:
Satu keluarga idealnya punya 2 sampai 3 kartu kredit. Gunakan dengan bijak. Syaratnya sederhana: tagihan harus lunas 100%. Berani gesek, berani bayar!
Pembagian penggunaannya:

1 kartu untuk pengeluaran rutin,
mulai dari tagihan listrik, air, telepon, member fitness centre, belanja bulanan hingga beli bensin. Jika memang punya anggaran, tagihan kartu 1 ini sudah jelas jumlahnya setiap bulan.

1 kartu untuk hura-hura. Setiap kali shopping, makan-makan, liburan, pesan tiket pesawat online, hingga belanja elektronik dengan diskon, kartu ini siap sedia. Syaratnya, Anda perlu punya Rekening Shopping yang memang dialokasikan untuk pengeluaran tersier. Kartu ini hanya bisa digesek jika Rekening Shopping ada isinya.

1 kartu lagi hanya dibutuhkan sebagai back up.  Bila Anda sering bepergian untuk urusan pekerjaan, maka kartu ini yang digesek. Dengan  cara ini, kegiatan pekerjaan atau bisnis tidak mengganggu keuangan keluarga.

Baca juga:
Disiplin Menggunakan Kartu Kredit

Foto/Dok.Femina Group

 



Artikel Rekomendasi