Aman transaksi online

 

Bertransaki perbankan dan belanja melalui online memang lebih praktis, cepat, mudah dan efisien. Namun, perlu diingat berbagai kejahatan cyber sangat mungkin bisa mengancam Anda.

Lindungi Aset Anda: Perbankan dan Belanja Online
  • Bank Anda tidak akan menanyakan nomor rekening Anda melalui email. Hal itu tidak akan pernah terjadi. Jika Anda menerima sebuah email yang terlihat seperti benar-benar dikirim dari bank Anda, jangan membalasnya, jangan mengklik link apapun, cukup membuka web browser Anda dan ketik alamat bank.com Anda di dalam tempat dan menuju ke sana secara langsung. Meskipun begitu, hati-hati jika terjadi perubahan pada layar log-on bank tersebut. Jika Anda ditanyakan hal-hal yang tidak biasanya, jangan memasukan apa pun!
  • Lakukan transaksi bank online di rumah. Bank online memang sangat nyaman. Kita semua punya ponsel pintar (smart phone) dan laptop dengan akses nirkabel. Tidak berarti bahwa merupakan ide bagus untuk menggabungkan keduanya. Meskipun jaringan nirkabel itu mungkin aman, Anda tetap saja melakukan transaksi keuangan Anda yang sangat pribadi di tempat umum. Anda bukan hanya harus khawatir jika ada hecker merekam jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan di coffe shop setempat. Anda harus khawatir jika ada seorang yang berdiri tepat di belakang Anda yang melihat-lihat dari atas bahu Anda. Anda berpikir tidak nyaman untuk menunggu hingga sampai di rumah? Bayangkan bagaimana alangkah “tidak nyaman” saat tabungan Anda dicuri di depan mata Anda!
  • Jangan membeli dari situs yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Mengapa harga di “CheepestPricesAnywhere.ru” jauh lebih murah dibandingkan di semua penjual lainnya? Selain mereka mungkin memiliki rahasia yang paling tersembunyi di Web, bisa jadi mereka adalah sebuah penyamaran yang dibuat untuk mendapatkan rincian kartu kredit Anda. Sebelum Anda membeli, lakukan dahulu pekerjaan rumah Anda. Cari ulasan mengenai perusahannya dan tanya teman-teman keluarga Anda apakah mereka pernah mengetahui website tersebut. Lakukan hal yang sama jika suatu waktu ada seseorang yang tidak Anda kenal menghampiri Anda di jalan dan menawarkan sebuah jam murah.
Baca juga:
Tip Keselamatan Berinternet


 



Artikel Rekomendasi