Kiat Hemat untuk Single Moms

 

Singel Moms, untuk mengurangi beban pengeluaran kebutuhan sehari-hari, coba terapkan beberapa kiat berhemat berikut ini.
  1. Manfaatkan aneka kupon (voucher) belanja dengan efektif. Atau, belilah produk sejenis dengan kualitas dan harga tidak berbeda jauh, tapi menyediakan penawaran kupon belanja gratis.
  2. Gunakan toiletries yang tidak mahal tapi kualitasnya cukup baik. Tak perlu memakai produk-produk bermerk yang dipakai para selebrita dengan harga 3 kali lipat, tapi cukup gunakan produk bermerk lain yang berkualitas.
  3. Gunakan detergent multiguna. Pilih detergent yang dapat mencuci pakaian putih dan berwarna, sekaligus mengandung pelembut serta pewangi. Atau, belilah detergent yang member bonus cairan pewangi dan pelembut.
  4. Tak perlu mengirim pakaian ke laundry untuk dicuci secara professional. Pakaian-pakaian pesta koleksi Anda, dapat dicuci sendiri dengan mengikuti panduan yang tertera pada pakain tersebut.
  5. Biasakan mengonsumsi air putih alih-alih minuman bersoda (soft drink) dan minuman kemasan lainnya. Selain Anda dan anak-anak akan menjadi lebih sehat, juga menghemat uang jajan.
  6. Buatlah makanan camilan sendiri alih-alih membeli snack kemasan di pasar swalayan. Yang pasti lebih sehat dan mencegah asupan MSG pemicu kanker.
  7. Beli sekaligus dalam jumlah banyak untuk berbagai barang kebutuhan. Sebab, biasanya pembelian minimal 2 akan mendapatkan potongan harga atau justru akan mendapat bonus 1 atau lebih.
  8. Biasakan mengonsumsi masakan rumah. Pupuk kebiasaan pada diri sendiri serta anak-anak untuk dapat menikmati masakan buatan sendiri dan bukan makanan instant, misalnya sereal atau mi. (me)

Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi