Kriteria Pengasuh yang Baik

 























Tontonan miris di media sosial tentang anak yang disiksa pengasuhnya bukan hanya terjadi sekarang. Sudah sejak puluhan tahun silam, perilaku abussive pengasuh anak kita dengar dan saksikan. 

Mendapatkan pengasuh anak dari zaman ke zaman memang tidak mudah. Dihadapkan pada pilihan harus kembali bekerja, orang tua kerap tidak sempat lagi menguji apakah calon pengasuh anaknya baik hati dan sayang anak. Anda terkadang terpaksa bersikap 'yang penting ada dulu.' Anda merasakan sulitnya mendapatkan pengasuh atau babysitter yang baik dan berkomitmen dalam pekerjaannya. Apakah pengasuh yang Anda pekerjakan sudah baik kualitasnya? Coba amati dan kenali kriteria pengasuh yang baik berikut ini: 
 
- Anak tampak senang dengan keberadaannya. Anak akan tampak senang menghabiskan waktu dengan pengasuh jika pengasuh itu hangat, sabar, dan perhatian. Anda pun merasa terbantu dengan keberadaannya.


- Anak tidak berhenti berbicara mengenai aktivitasnya bersama pengasuh. Jika pengasuh juga menikmati pekerjaannya mengasuh dan menemani anak asuhnya, maka anak akan tahu.


- Pengasuh juga memberikan masukan atau solusi yang baik dan kreatif ketika menghadapi masalah. Ia juga menunjukkan komitmen dan perhatiannya pada permasalahan anak dan mendiskusikannya dengan Anda.


- Pengasuh berusaha untuk tetap menjaga hubungan. Pengasuh yang bekerja dengan serius akan tetap memberikan Anda informasi aktivitas hariannya dengan anak.


- Pengasuh akan menunjukkan minat terhadap kreativitas anak dan ikut mengembangkannya. Ini bisa dilihat dari anak yang menunjukkan bermacam-macam kebisaan baru, seperti lagu baru, kata-kata baru, atau hasil kreativitasnya yang lain.


- Anak tampak bersih dan terawat. Kebersihan adalah tanda dari ketelitian dan kecermatan. Ini adalah tanda bahwa pengasuh fokus pada anak.


- Tidak sering terjadi 'kecelakaan'. 'Kecelakaan' mungkin bukan hal yang bisa dihindari 100%, tapi pengasuh yang baik akan berusaha membuat segalanya aman untuk anak asuhnya.
Apakah pengasuh Anda banyak memenuhi kriteria di atas? Kalau ya, pertahankan, dan jangan segan-segan memberi penghargaan untuk hasil upayanya. (me)

Dire
visi 17/5/22

Baca juga:
Kenali Pengasuh yang Tidak Baik
Tips Menelepon Pengasuh Saat Ibu Bekerja
Lakukan Hal Ini Untuk Pengasuh Balita Anda
Menyewa Tenaga Pengasuh Balita
Jika Pengasuh Anak Sakit

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

4 Tipe Ayah

Gaya anak tidak akan jauh dari tipe dan gaya pengasuhan ayahnya.Anda tipe ayah yang seperti apa?... read more