Kehamilan: Waspadai Makanan Bersantan

Kehamilan: Waspadai Makanan Bersantan Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Arisan, pesta ulang tahun atau perjamuan keluarga kerap identik dengan hidangan lezat serba santan. Ada rendang, opor ayam, sambal goreng hati, dan sebagainya. Memang enak-enak, sih. Tetapi, jenis makanan ini minim sayur, banyak santan dan pedas. Bagi Anda yang sedang hamil, patut mewaspadai makanan ini.

Santan kurang baik bagi ibuhamil karena dapat mengakibatkan iritasi lambung. Jadi, sebaiknya Anda betasi konsumsi makanan bersantan. Hindari pula makanan yang banyak mengandung gula serta lemak, karena akan mengakibatkan mual dan muntah, selain menambah berat badan yang berlebihan.  

Bila Anda berkunjung ke beberapa tempat dan “dipaksa” tuan rumah mencicipi makanan, coba cara paling jitu ini agar Anda tetap sehat.
  • Cicipi makan sedikit saja, sehingga tuan rumah tetap merasa dihormati. Makanlah opor ayam sedikit dan ambil bagian daging yang tidak berlemak.
  • Batasi kue-kue. Bila ada 5 jenis kue kering, ambil 3 jenis dengah jumlah masing-masing 1 buah. Dengan cara ini asupan kalori Anda lebih terkendali. 
  • Pilih buah-buahan dan syukur-syukur ada menu sayuran segar, seperti gado-gado, salad sayur dan buah, serta buah-buahan. Selain segar, buat Anda yang hamil muda, menu ini bisa menghilangkah mual.
  • Pilihlah air putih ketimbang minuman sirop atau bersoda. Dengan demikian, semangat makan makanan berlemak pun jadi berkurang.
  • Bila perlu, atau khawatir tak bisa memenuhi kecukupan gizi, Anda bisa membawa makanan dari rumah yang dimasak sendiri. Ini bisa menghindarkan Anda dari “kelaparan“ jika di tempat bersilaturahmi tidak ada makanan yang cocok untuk Anda.  
     
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda