Hamil Meski Rahim Menekuk

 

Rahim retrofleksi atau posisi rahim menekuk ke belakang bukanlah penghalang untuk segera hamil. Rahim retrofleksi bukanlah sebuah penyakit. Sama seperti variasi bentuk pinggul, kondisi ini sekedar variasi posisi organ intim di dalam tubuh seseorang. Cari tahu strateginya!

Atur posisi. Mengatur posisi berhubungan intim, yakni dengan posisi menyamping atau dari belakang. Anda bisa mengambil posisi menyamping atau dari belakang. Anda bisa mengambil posisi membungkuk atau bersujud, dan membiatkan penetrasi dilakukan dari arah belakang. Dengan begini, ujung penis pasangan akan langsung menghadap mulut rahim, sehingga sperma dapat langsung berenang memasuki rahim. Jangan lupa, setelah terjadi ejakulasi, tahan diri untuk tidak membalikkan badan. Pertahankan posisi semula selama 10-15 menit untuk memberi kesempatan sperma berenang mencapai sel telur.

Kapan perlu ke dokter? Dokter hanya akan melakukan tindakan apabila posisi rahim Anda menimbulkan keluhan berupa rasa sakit atau ketidaknyamanan. Prosedur yang bisa dilakukan antara lain:
  • Terapi obat-obatan untuk mengatasi penyebab terjadinya rahim retofleksi, seperti infeksi pad apanggul, endometriosis, tumor dan sebagainya. Bila penyebabnya adalah tumor, kemungkinan akan dilakukan tindakan operasi untuk mengangkat tumor tersebut.
  • Operasi “Uplift: yaitu operasi kecil berupa pembedahan laparoskopi yang dilakukan dengan bantuan kamera mini. Tujuan pembedahan ini adalah mengoreksi letak rahim dengan cara memotong dan memperdek otot-otot yang menyokong rahim.
  • Olahraga khusus dengan cara melakukan gerakan menarik lutut kea rah dada. Apabila dilakukans ecara rutin dan benar, gerakan ini bisa membantu memperbaiki letak rahim.
  • Memasang sejenis alat berupa plastik silikon di dalam rahim melalui vagina. Tujuannya adalah untuk mendukung agar rahim berada di posisi yang diharapkan. Pemakaian alat ini sifatnya hanya sementara.
  • Pemijatan seringkali efektif mengembalikan posisi rahim ke posisi yang diharapkan. Terapi ini harus dilakukan oleh seorang terapis pijat professional yang sudah punya jam terbang tinggi dan berpengetahuan.(me)
Baca juga:
Rahim Menekuk Ke Belakang (Retrofleksi)


 



Artikel Rekomendasi