Hormon Penting Dalam Ovulasi

 

Ada dua hormon yang berperan penting dalam ovulasi dan kehamilan, yakni Follicle-Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH).  Keduanya berperan sebagai kurir untuk memberitahu ovarium kapan waktunya untuk melepaskan sel telur.

Hormon adalah senyawa kimia yang diproduksi tubuh untuk mengatur berbagai macam prose alami dalam tubuh.  Dalam ovulasi dan kehamilan, hormon FSH bertugas merangsang pematangan sel telur, sementara hormone LH membuat sel telur dilepaskan ke dalam saluran fallopi  dan di sanalah sel telur siap dibuahi.

Kedua hormon FSH dan LH, diproduksi dalam otak, di dalam sebuah organ bernama kelenjar pituatari. Sel-sel di sekeliling sel telur menghasilkan dua hormon lainnya, yaitu estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini menyebabkan dinding rahim menjadi tebal, menciptakan lingkungan di mana sebuah sel telur yang sudah dibuahi bisa bertahan dan berkembang. Penurunan kadar hormon progesterone dalam tubuh wanita setiap bulan, apabila sel telur tidak dibuahi, adalah penyebab menstruasi.

Perubahan-perubahan hormon selama siklus menstruasi mengakibatkan hanya ada beberapa hari saja dalam setiap bulannya yang memberi peluang bagi seorang wanita untuk hamil. Kesempatan inilah yang dikenal sebagai periode subur. (me)

Baca juga:
Berteman Dengan Hormon Kehamilan
Hormon Pelindung Janin

 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more