Menyuburkan Secara Alami

 

Pilihan terapi kesuburan semakin canggih, namun cara-cara natural selalu diminati.

Akupuntur. Pengobatan tradisonal China, menstimulasi energi Q tubuh melalui tusukan jarum ke titik tertentu. Efeknya, energi di organ limpa, liver dan ginjal menjadi seimbang, aliran darah ke uterus pun meningkat sehingga menstruasi teratur. Akupuntur juga bersifat sedative (menidurkan ) sistem saraf, membuat bunda tenang bebas stres, mulut rahim pun ikut relaks. Dengan cara tersebut, hormon reproduksi akan bekerja lebih baik. Terapi akupuntur untuk kesehatan reproduksi terletak di pungggung bawah, perut bawah, dan kaki. Sebelum mencoba terapi, sebaiknya konsultasi dengan  dokter spesialis akupuntur.

Terapi Herbal. Bisa berupa jamu tradisional atau ramuan Cina. Jamu-jamuan Indonesia dianggap baik karena mengggunakan bahan alami yang dapat mengembalikan keseimbangan alami vitamin dan enzim aktif, sehingga menyehatkan tubuh. Selain itu, ada juga ramuan Cina peningkat kesuburan. Lebih dari 150 jenis rempah disebut memiliki khasiat menyuburkan, di antaranya chasteberry yang merangsang kelenjar hipofisis menghasilkan hormon estrogen, progesterone, dan testosterone dengan seimbang. Dang Quai membantu menstruasi agar teratur. Namun, hati-hati memilih jamu atau herbal sebab banyak beredar jamu palsu yangmengandung bahan kimia berbahaya.

Mengelola stres. Kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya menyulitkan proses pembuahan. Stres membuat otak melepaskan neurotransmitter yang mempengaruhi hormon yang mengontrol ovulasi. Lakukan relaksasi pernapasan yang menenangkan tubuh dan pikiran. Caranya, hirup dan hembuskan napas dalam-dalam secara perlahan. Selingi dengan meditasi, mengulangi kata-kata positif yang sama terus-menerus, atau memvisualisasikan diri berada di tempat menenangkan seperti pantai. Atau, bergaul dengan orang-orang berpikiran positif dan banyak menonton/membaca komedi.

Terapi Diet. Nutrisi seimbang membantu mengontrol hormon dan sistem reproduksi. Perbanyak makanan yang mengandung:
  • Vitamin C dan antioksidan, gunanya untuk mencegah kerusakan dan meningktakan gerak sperma, mengurangi stress pad asel telur dan organ reproduksi.
  • Zinc, meningkatan hormon testosteron dan jumlah semen.
  • Alsium dan vitamin D. dalam dosis tepat terbukti meningkatkan kesuburan pria.   
Kurangi:
  • Alkohol, karena mengurangi kesuburan hingga 50%, mengurangi jumlah sperma dan meningkatkan jumlah sperma cacat.
  • Kafein. Ada kopi, teh, soda dan cokelat. Wanita yang minum kopi lebih dari 3 cangkir kopi sehari bisa mengurangi kesuburan.
Pemeriksaan kesuburan, kunjungi ahli kebidanan dan kandungan Subspesialisasi Fertilitas, endokrinologi dan Reproduksi. Pemeriksaan kesuburan terdiri dari pemeriksaan hormon dan pemeriksaan sperma. (me)

    

 



Artikel Rekomendasi

post4

ASI Deras Juga Harus Berkualitas

Kampanye “Peduli ASI Berkualitas” oleh IDAI, BKKBN dan Blackmores mengajak calon ibu, ibu hamil hingga ibu menyusui untuk menyiapkan ASI berkualitas demi menurunkan risiko stunting.... read more