Merencanakan kehamilan sehat

Merencanakan kehamilan sehat Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda

Ada hal penting yang harus dipersiapkan apabila Anda dan pasangan ingin segera punya momongan. Idealnya ini dilakukan 6 bulan sebelum konsepsi.

Berikut 6 jurus merencanakan kehamilan yang sehat seimbang:

  1. Perkaya pengetahuan seputar kehamilan, kelahiran dan perawatan bayi dari berbagi sumber seperti buku, majalah, internet.
  2. Stop kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, kebiasaan pulang larut malam, stress dan sebagainya.
  3. Perhatikan pola makan. Teruskan pola makan sehat seimbang. Intinya cukupi semua kebutuhan zat gizi tubuh yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
  4. Cek kesehatan. Salah satunya lakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah dalam tubuh Anda ada virus seperti virus toksoplasma, cytomegalo dan rubella. Penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi maupun rendah juga berpengaruh dalam kehamilan.
  5. Seimbangkan lahir batin. Pola hidup sehat calon ayah dan ibu membuat seluruh organ tubuh bekerja optimal. Sedangkan batin yang seimbang merupakan jaminan kebahagiaan manusia secara keseluruhan.
  6. Siap hadapi berbagai perubahan termasuk fluktuasi kondisi emosi akibat perubahan hormonal. Perubahan hormonal selama hamil akan mempengaruhi kondisi emosi ibu hamil. Calon ayah dan ibu yang telah menyiapkan diri secara emosi akan siap menghadapi masa ini. (me)



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)