Peluang Hamil Bagi PCOS

 

Polycytic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindroma ovarium polisitik adalah gangguan keseimbangan kadar hormon pada wanita usia reproduktif. Penderitanya memiliki kadar hormon pria (testoteron dan androstenedion) lebih tinggi.

PCOS mengakibatkan siklus haid yang tidak teratur, rambut lebat di kaki, tangan, wajah ditumbuhi jerawat, obesitas, kista tumbuh di kedua atau salah satu indung telur, dan gangguan pada produksi insulin.  Semua itu menyebabkan ibu yang menderita PCOS, terganggu kesuburannya. Namun melalui perawatan dan terapi tepat, peluang untuk hamil tetap ada, terutama pada wanita  berusia  di bawah 35 tahun.

Di Amerika Serikat, terapi untuk memperbaiki siklus haid adalah dengan  mengonsumsi obat clomiphene citrate (clomid),  yang telah disetujui oleh pihak Food and Drug Administration (FDA). Selain itu, menurut riset yang dilakukan oleh tim dari The Reproductive Medicine Network, harus ditunjang juga dengan program diet  untuk menurunkan berat badan dan  menjaga kadar gula darah.

‘’Penanganan tepat secara medik yang ditunjang dengan terapi nutrisi, di bawah pengawasan ahli nutrisi, terbukti dapat membantu ibu  penderita PCOS bisa hamil dan melahirkan,” kata Angela Grassi, MS, RD, LDN, pakar nutrisi dari “Today’s Dietitian, the Magazine for Nutrition Professionals.” (me)

Baca juga:
Terapi Nutrisi Untuk Penderita PCOS

 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more