Senam Kegel Sahabat Otot Panggul

 

Kegel adalah latihan untuk menguatkan otot dasar panggul, pubococcygeus muscles, atau populer disebut otot PC.  Otot PC adalah bagian tubuh yang penting bagi perempuan, karena di sanalah berkumpulnya otot-otot yang bertugas menyangga organ-organ penting seperti kandung kemih, rahim dan rektum, agar tetap di tempatnya dan berfungsi dengan baik.

Karena tugsanya menyangga  organ-organ penting, otot PC harus kuat. Anda bisa merasakan di mana otot PC berada, caranya:
  1. Duduk di kursi, kaki sedikit terbuka dan punggung rata. Lakukan gerakan buang angin. Anus akan terasa masuk, namun bokong dan otot paha tidak bergerak. Itulah gerakan otot PC.
  2. Duduk di kursi, kaki sedikit terbuka dan punggung rata. Lakukan gerakan seolah-olah menghentikan aliran urin saat berkemih, lalu membiarkannya mengalir lagi (stop and go). Itulah gerakan otot PC.
Dengan bisa merasakan di mana otot PC, latihan kegel akan efektif.

Baca:
Dasar Gerakan Senam Kegel
Senam Kegel Sahabat Otot Panggul
Senam Kegel, Pulihkan Daerah Vagina


 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more