Suplemen Untuk calon Ibu

 

Sebelum  berencana hamil, tubuh calon ibu harus disiapkan agar  sistem reproduksi beserta sistem organ tubuh lainnya  siap untuk  pembuahan dan mendukung tumbuh kembang janin. Selain memperbaiki pola makan juga dengan asupan suplemen. Bagi calon ibu, untuk proses pembentukan sel-sel dan jaringan janin terpenuhi.
  • Asam folat atau vitamin B9 diperlukan untuk proses pembentukan nukleotida atau salah satu bagian inti sel serta tabung saraf janin. Rekomendasi: 0,4 mikrogram/hari, selama 4 bulan sebelum hamil, atau  paling tidak 1 bulan sebelum hamil.
  • Vitamin B6 atau piridoksin diperlukan untuk membantu proses metabolisme asam amino dan protein, serta menjaga fungsi sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, kelancaran pembentukan sel darah merah, dan fungsi jantung. Rekomendasi: 1,3 miligram/hari.
  • Vitamin B12 atau sianokobalamin dibutuhkan untuk menjaga pembentukan sel-sel darah merah berjalan normal agar kelak bila Anda hamil,asupan zat gizi pada janin melalui darah dapat berjalan lancar. Vitamin ini juga diperlukan untuk menjaga kerja sistem saraf dan sistem peredaran darah. Rekomendasi:  2,4 mikrogram/hari.
  • Vitamin A atau retinol diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, kulit, saluran pencernaan, dan saluran kemih.  Rekomendasi:  500 RE (retinol equivalent) /hari.
  • Vitamin D atau kalsiferol berperan dalam proses penyerapan kalsium (Ca)  dan membantu fungsi fosfor dalam pembentukan tulang janin, serta menjaga kekuatan tulang ibu sebelum proses kehamilan terjadi. Pemenuhan kebutuhan vitamin D sebelum hamil menurunkan risiko pre-eklampsia. Rekomendasi: 5 mikrogram/hari.
  • Vitamin E atau tokoferol dibutuhkan untuk menguatkan membran sel sehingga tidak mudah rusak atau sobek. Vitamin ini juga menurunkan risiko Anda mengalami keguguran. Rekomendasi: 15 miligram/hari
  • Vitamin K membantu proses penggumpalan darah. Proses penggumpalan darah ini penting pada saat persalinan dan setelahnya agar tidak terjadi perdarahan yang berlanjut. Vitamin K juga membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang Anda, serta janin Anda kelak. Rekomendasi:  55 mikrogram/hari. (me)
Baca juga:
Suplemen Aman Untuk Ibu Hamil
Tips Ibu Hamil Minum Suplemen

 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more