Sperma Berdarah

 

Tanya: Mengapa sperma berdarah dan perlukah ke dokter? Saat berhubungan seks ada sedikit darah di sperma suami, tapi hanya sekali itu dan tidak sakit.

Jawab: Adanya darah pada hasil ejakulasi disebut hematospermia, sering dialami pria  usia 30-40 tahun dengan darah berwarna kecokelatan sampai merah terang. Penyebab tersering adalah infeksi pada uretra (saluran kencing) atau infeksi pada kelenjar prostat. Namun, bisa juga disebabkan aktivitas seks yang berlebihan yang menimbulkan cedera, adanya sumbatan saluran ejakulasi, efek samping biopsi kelenjar prostat atau pasca vasektomi, dan yang paling langka adalah gejala kanker.

Meski tidak disertai rasa nyeri, 90% hematospermia akan berulang. Untuk memastikan penyebabnya, periksakan ke dokter. Pengobatan akan diberikan sesuai penyebabnya. Misalnya, jika disebabkan infeksi, maka suami akan diobati dengan antibiotika.

dr.  Ali Sungkar, SpOG







 



Artikel Rekomendasi

post4

Periksa Fertilitas Berdua

Demi memiliki anak, pasangan suami-istri harus mengenal masa suburnya dengan memeriksakan diri bersama. Dengan demikian, perencanaan kehamilan dapat dilakukan dengan baik.... read more