Detoks Untuk Siapkan Kehamilan

 

Mencapai kondisi paling sehat dan fit sebelum mengandung adalah langkah terbaik bagi Anda yang ingin hamil. Program detoks atau pembersihan berikut ini menawarkan cara mudah untuk menghilangkan racun dalam tubuh tanpa membuat tubuh menjadi tertekan.

Program detoks satu hari. Luangkan waktu sehari penuh atau satu minggu penuh bila perlu untuk menjalankan program ini. Pilihlah waktu saat tidak akan ada gangguan, sehingga Anda dan pasangan bisa fokus sepenuhnya.
  • Bangun pagi hari, minumlan segelas air hangat dengan sepotong lemon di dalamnya. Lemon memiliki khasiat membersihkan. Kemudian, makanlah sepotong buah segar atau roti wholemeal, tanpa tambahan mentega atau selai. Ini untuk ‘membangunkan’ sistem tubuh.
  • Lakukan beberapa peregangan ringan lalu lakukan latihan kebugaran singkat selama 30 menit, seperti lari atau  jalan cepat untuk memacu pernapasan dan sistem sirkulasi tubuh serta membuang racun. Setelah itu, minum segelas air dan sedikit jus buah atau sayuran segar.
  • Sikat seluruh tubuh dalam keadaan kering untuk melepaskan sel-sel kulit mati. Bisa melakukan sendiri atau saling menyikat dengan pasangan. Bilas tubuh dengan air hangat. Gunakan scrub untuk membuang lebih banyak sel-sel kulit mati yang masih tersisa.
  • Setelah itu, lakukan pembersihan menyeluruh pada wajah. Tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk besar, tambahkan beberapa tetes minyak esensial kemudian tutup kepala dengan handuk. Biarkan uap panas membasahi wajah beberapa saat kemudian buka handuk untuk mengeringkan wajah. Bilas wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit wajah.
  • Saling pijatlah bersama pasangan untuk merangsang sistem sirkulasi yang akan mempercepat proses pembuangan racun. Pusatkan pijatan pada lengan dan kaki, karena racun cenderung menumpuk di bagian tersebut.
  • Luangkan waktu untuk rileks setelah pemijatan. Beri kesempatan tubuh istirahat penuh selama 30 menit-1 jam. Lalu, lakukan beberapa gerakan peregangan ringan untuk kembali bangkitkan energi tubuh dan membantu memobilisasi persendian tubuh serta meningkatkan aliran darah.
  • Nikmati makan siang berupa buah-buahan, sayuran, dan serealia. Tetap duduk dalam posisi tegak paling tidak selama 15 menit setelah makan, untuk bantu sistem pencernaan. Lalu, jalan-jalanlah sebentar di udara segar.
  • Lakukan meditasi, atau sekedar duduk tenang dan fokuskan pikiran pada pernapasan. Ini akan membuat Anda mendapat lebih banyak oksigen untuk otot dan organ tubuh. Tunggu 2 jam setelah makan, lalu lakukan latihan kebugaran.
  • Lakukan pengelupasan sel kulit mati dengan garam jenis apa saja, campur sedikit minyak zaitun. Gosokkan pada kulit dengan gerakan melingkar menjauhi jantung. Langkah ini akan bantu kerja sistem sirkulasi dan pembuangan.
  • Nikmati waktu berendam aromatik bersama pasangan atau sendiri. Campur 2 tetes minyak aromaterapi dalam minyak pengencer, lalu tambahkan dalam air mandi. Usapkan pelembab ke kulit dengan sedikit pijatan.
  • Habiskan sisa hari detoks dengan tenang dan peregangan. Lalu, segera tidur untuk memastikan Anda mendapat waktu istirahat yang cukup. (me)
Baca juga:
Perlu 1 Tahun Untuk Hamil Sehat!
Merencanakan Kehamilan Sehat


 



Artikel Rekomendasi