Seks Untuk Memiliki Keturunan

 

Ingin punya anak? Mudah, tinggal berbuat pasti hamil! Wah! Proses menghasilkan keturunan tidak sesederhana itu! Calon Ayah dan Ibu harus menyiapkan kesehatan fisik dan mental agar proses ovulasi berjalan sempurna.

Saat seorang pria memutuskan untuk berhubungan seks agar memiliki anak, sebaiknya ia menyiapkan kesehatan fisik dan mentalnya agar proses ovulasi dari pihak laki-lagi, berjalan sempurna. Para dokter menganjurkan, 3 bulan sebelum konsepsi atau pembuahan, calon ayah hendaknya memperbaiki gaya hidup, menata kembali pola makan, berdiet (kalau perlu), agar kualitas dan kuantitas sperma meningkat, begitu pula vitalitas dan gairah seksual. Apa saja persiapan yang harus dilakukan calon ayah?

  1. Kunjungi dokter spesialis andrologi. Minta pada ahlinya untuk diajarkan posisi seks yang fisiologs, yaitu sperma mudah dan cepat menuju sel telur. Khususnya jika Anda dan istri memiliki masalah berat badan, misalnya obesitas.
  2. Mengonsumsi makanan penunjang kesuburan. Diantaranya:
    • Wortel: Beta karotennya mencegah penimbunan gula darah dan kerak lemak penyebab impotensi. Senyawa porfirin mendorong kelenjar pituitari menaikkan kadar hormon testosteron, yang mencetus gairah seksual tinggi.
    • Seafood, daging, kacang-kacangan, padi-padian: mengandung seng (Zn), penting bagi pembentukan sperma sehat.
    • Kuning telur, seafood, bawang putih, susu: Seleniumnya membentuk sperma sehat
    • Daun kemangi: mengandung zat arginine yang memperkuat daya tahan hidup sperma.
    • Tomat, semangka, jambu biji: Kaya lokopen, berkhasiat membuat sperma gesit dan mendorong gairah seksual.
  3. Olahraga teratur. Mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga aliran darah ke testis lancar. Aliran darah yang lancar juga membuat sperma mendapat cukup suplai darah sehingga gerakannya gesit dan selamat tiba di sel telur.
  4. Hindari celana ketat. Celana dalam atau jins ketat membuat peredaran darah tidak lancar dan membuat penis dan testis kepanasan. Panas berlebihan akibat suhu udara, keringat dan pakaian ketat, menurunkan kualitas dan kemampuan sperma membuahi sel telur
  5. Stop merokok, alkohol, obat obatan terlarang. Tak ada bagusnya bagi perkembangan dan kondisi sperma. Penggunaan zat adiktif bahkan diduga salah satu penyebab kemandulan.
  6. Menjaga testis. Trauma akibat benturan, bisa menyebab saluran sperma memar dan pembuluh darah pecah
  7. Jaga kebersihan genital. Cuci area penis dengan sabun lembut. Khitan merupakan saran yang sangat baik karena membuat kepala penis mudah dibersihkan. 


 



Artikel Rekomendasi