Kiat Seru Pesta Ulang Tahun Anak

Kiat Seru Pesta Ulang Tahun Anak  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Di hari ulang tahun anak, Anda ingin anak Anda dan teman-temannya bergembira ria. Apa saja aktivitas asyik yang membuat pesta berlangsung seru?

Pesta ulang tahun yang berkesan, merupakan hadiah indah yang dapat orang tua berikan pada anak. Meski hanya berlangsung beberapa jam, kenangan pesta yang menyenangkan akan membekas dalam memori anak

Dua hal penting perlu diperhatikan sebelum memutuskan membuat pesta jenis tertentu, yaitu usia dan minat anak. Pesta untuk anak usia satu dan dua tahun, tentu berbeda dengan pesta untuk anak usia tiga, empat dan lima tahun. Pada setiap tahapan usia, minat anak-anak memang bisa berbeda.

Untuk mewujudkan pesta ulang tahun yang meriah dan keren, Anda perlu mempersiapkan dan menciptakan berbagai aktivitas menarik pengisi acara pesta. ;Ayo berpesta.

Bermain pasir. Main pasir? Waah, senang sekali! Permainan ini bisa dimainkan oleh kurang dari lima anak. Tujuannya untuk mengakrabkan anak sambil menunggu tamu lain tiba. Sediakan pasir yang biasa dimainkan anak dan beberapa wadah seperti gelas plastik warna-warni. Mintalah tamu-tamu anak Anda berkumpul dan bermain pasir bersama. Lewat permainan ini, anak-anak lebih mudah saling kenal.

Menggambar di giant card. Sediakan kertas karton berukuran 120 cm x 200 cm, serta krayon. Tempelkan kertas karton yang di atasnya tertera ucapan “Selamat Ulang Tahun” untuk anak Anda di salah satu bagian dinding rumah yang bisa dijangkau anak-anak.

Ketika tamu-tamu anak berdatangan, mintalah mereka menggambar apa saja di kertas raksasa itu. Setelah tercipta gambar, mintalah mereka menuliskan nama di dekat gambar yang dibuat. Kemudian, buatlah foto close up gambar tersebut, beri bingkai dan lantas gabungkan dengan foto keluarga Anda.

Berebut kursi. Sediakan kursi kecil sebanyak jumlah anak yang ingin ikut permainan ini. Atur kursi dalam bentuk lingkaran. Minta anak-anak berdiri di depan kursi. Lantas, ajak anak-anak berjalan berputar seiring bunyi lagu yang diperdengarkan. Ketika musik berhenti, serukan agar anak-anak duduk di kursi yang tersedia. Kurangi satu kursi, kemudian minta anak kembali berjalan berputar di depan kursi. Matikan lagu, perintahkan anak untuk duduk kembali di kursi yang bisa ia duduki.

Bagi anak yang tidak mendapat kursi, minta ia duduk berdua teman yang mendapat kursi. Lakukan ini sampai jumlah kursi tersisa sejumlah tertentu yang membuat anak-anak duduk berdua-dua dalam satu kursi. Dengan permainan ini, anak belajar bersosialisasi sekaligus belajar berhitung, tanpa merasa tereliminasi karena tidak kebagian kursi.

Meniru binatang. Kumpulkan anak-anak untuk duduk melingkar di atas tikar atau halaman rumput. Anda berdiri di tengah lingkaran dan memberi contoh gerakan ayam dan bebek. Bila Anda menyebut kata "ayam", anak-anak harus meniru gerak dan bunyi ayam jago. "Kepak- kepak kukuruyuk kukuruyuk!". Begitupun ketika Anda mengatakan bebek, anak-anak meniru gerak dan bunyi bebek.

Kumpulkan beberapa anak yang keliru meniru gerak binatang yang disebutkan. Tanpa bermaksud menghukum, mintalah mereka meniru gerak binatang yang mereka sukai. Mintalah anak-anak lain menebak binatang yang mereka peragakan.

Tiup-tiup bubble. Bagikan balon sabun untuk ditiupi anak-anak bersama-sama. Pusat perhatian dari kegiatan ini bukan pada besarnya balon yang dapat mereka tiup, tetapi memecahkan balon besar yang mereka buat. Permainan ini mengandalkan koordinasi seluruh tubuh.

Ini dia si magic balloon. Menebak bentuk balon merupakan permainan menyenangkan. Kemampuan mengimajinasi bentuk binatang, diperlukan dalam permainan ini. Mintalah anak menebak bentuk balon saat balon mulai ditiupkan. Anak yang dapat menebak dengan tepat berhak mendapatkan hadiah balon yang berhasil ditebaknya. Bagi anak-anak yang tidak berhasil menebak, Anda tetap bisa memberikan hadiah balon di akhir permainan.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89600   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30508   
>  Mengasuh Anak Autis   21663   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18380