Dampak Ibu Bekerja

Dampak Ibu Bekerja Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Absennya pengasuhan ibu secara fisik, karena berkarir di luar rumah, dapat memunculkan efek tertentu pada anak laki-lakinya. Buang yang negatif, kembangkan yang positif. Caranya?

Bagi anak laki-laki, sosok ibu jadi pelajaran pertamanya tentang perempuan, demikian disebutkan dalam penelitian oleh Sarah Roberts dan Sharon Stein dari Ferrum College , Amerika Serikat. Ia juga belajar bersikap dari Anda. Tak perlu heran. Anak memperhatikan perilaku ibunya dan apa pun yang dikatakannya. Misalnya, bagaimana ketika Anda menyiapkan beberapa hal untuknya sebelum berangkat kerja, apa yang Anda lakukan bersamanya sepulang kerja, termasuk hal-hal yang Anda ajarkan padanya dalam keseharian. Juga, sikap Anda tentang pekerjaan.

Jadi, bagaimana agar anak berkembang positif, sementara Anda bekerja, yang berarti Anda tidak bersamanya sepanjang hari?

Efek negatif. Soal pengaruh ibu yang bekerja terhadap prestasi anak-anaknya memang masih diperdebatkan. Paling tidak, dari penelitan yang dilakukan Crouter di Amerika Serikat, disebutkan bahwa anak laki-laki yang umumnya punya hubungan istimewa dengan ibunya justru malas belajar dan tidak memperlihatkan prestasi yang baik di sekolah karena ditinggal ibunya ke kantor.

Ibu yang merasa bersalah karena menyukai pekerjaannya cenderung memanjakan anak-anaknya. Akibatnya bisa negatif, tidak saja bagi hubungan anak dengan teman sebaya, namun juga pada prestasi anak di sekolah.

Di samping itu, anak juga cermat memperhatikan bagaimana sikap Anda tentang pekerjaan. Jadi, Anda perlu hati-hati saat mengeluhkan kondisi pekerjaan Anda. Ketidakpuasan Anda itu bisa mempengaruhi sikapnya dalam meraih prestasi.

Efek positif. Seperti dua sisi mata uang, peran Anda sebagai ibu bekerja juga bisa memberi efek positif pada anak laki-laki. Anak menyadari bahwa Anda bekerja keras untuknya. Ini tentu akan memperdalam cintanya pada Anda.

Penelitian juga menunjukkan, anak-anak dari ibu yang bekerja lebih baik dalam mengelola sesuatu, lebih mandiri, dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

Tergantung sikap Anda. Jadi, bagaimana dampak Anda bekerja pada anak laki-laki Anda, sangat tergantung pada bagaimana Anda mengelola pengasuhan dan terutama sikap Anda dalam bekerja.

Pastinya Anda perlu memberi contoh bahwa meski lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, Anda tetap bisa memberi cukup perhatian untuk tumbuh-kembang si buah hati. Berbagai cara bisa dilakukan agar Anda dan anak dapat tetap berkomunikasi selama Anda tidak bersamanya karena urusan pekerjaan. Sodorkanlah waktu berkualitas yang selayaknya buat anak dan nikmati peran Anda sebagai ibu dan pekerja!



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89357   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30320   
>  Mengasuh Anak Autis   21580   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18228