Natal Indah Bersama Keluarga

 

Foto ilustrasi (Freepik)

Natal tak hanya jadi momen berkumpul bersama keluarga, tapi bisa jadi ajang belajar bagi balita asal diisi dengan kegiatan tepat. Dapatkan inspirasinya dari sini:

Menghias pohon natal
Balita pasti senang. Ia akan semakin bangga jika diizinkan meletakkan bintang di puncak pohon natal keluarga.

Manfaat:
Melatih motorik halus. Dengan jemari mungilnya, ia bisa membantu memasang hiasan ringan yang tidak mudah pecah ke batang pohon Natal.  
- Mengenal makna pohon Natal sebagai simbol Natal.
- Melatih komunikasi saat dia diminta bercerita tentang perasaannya saat menghias pohon Natal. Kebersamaan juga mengajarkan balita kekompakan keluarga. Keakraban saat menjalankan proyek bersama akan dikenang anak sebagai momen istimewa.

Menyiapkan kado natal
Natal identik dengan memberi dan menerima hadiah sebagai wujud saling berbagi kebahagiaan. Jadi jangan ragu melibatkan balita saat menyiapkan hadiah untuk saudara, teman dan kerabat.

Manfaat:

- Mengajarkan berbagi itu menyenangkan.
- Melatih empati dan memahami perasaan orang lain. Apa hadiah yang paling disukai? Bagaimana rasanya bila menerima hadiah itu? Jelaskan bahwa perasan senang juga dirasakan orang yang menerima hadiah darinya.
- Mengerti proses, sesuatu perlu direncanakan. Melatih percaya diri sat memilih kado. Libatkan balita menyiapkan hadiah, misalnya dengan memberikan hasil gambarnya pada nenek atau ikut membungkus kado. Jangan lupa jelaskan mengapa Anda memilih kado A untuk nenek dan kado B untuk kakek.

Doa bersama
Awali perayaan Natal dengan kegiatan ke gereja. Balita belajar bermacam hal ketika ikut misa untuk anak-anak. Seusai Gereja, ajak balita berdoa bersama.

Manfaat untuk anak

Merasakan hari Natal hari istimewa karena bisa ke gereja bersama keluarga, ikut dalam perayaan natal khusus, melihat pohon natal atau gua dari biasanya dan berbagi hal lain yang membuat hari natal istimewa baginya dan keluarganya.
- Belajar bersyukur atas segala yang diberikan Tuhan, termasuk jika ia mendapatkan hadiah Natal, bisa berpesta bersama teman dan saudara, juga berkumpul dan bermain dalam keadaan sehat dan gembira.
- Dengan belajar berdoa, balita merasakan kedamaian dan hubungan khusus dengan Tuhan. Aktivitas ini mengasah sisi spiritualnya.

Cerita kasih natal
Bisa diambil dari bermacam buku untuk dibacakan pada balita.

Manfaat:

- Membimbing balita menerjemahkan peristiwa natal dalam kesehariannya.
- Melatih kecerdasan berbahasa balita. Logika berbahasa dan cerita yang disampaikan membantu balita mengembangkan ketrampilan bahasa dan kecerdasannya kognitifnya.

Nyanyian natal
Bersama balita dengan iringan piano, pasti menyenangkan. Lagu-lagu Natal sederhana, seperti malam kudus, membuat balita senang belajar lagu baru sekaligus belajar memahami kata-kata sederhana dan makna lagu tersebut.

Manfaat:

- Ketrampilan musikal terlatih.
- Belajar nada dari lagu-lagu sederhana.
- Mempererat hubungan balita dengan keluarganya.
- Selain belajar berbahasa, balita belajar ketrampilan matematis, semisal ritme.

 

 



Artikel Rekomendasi