Antisipasi Saat Pengasuh Anak Mudik

 

Kerepotan akibat pengasuh anak pulang kampung sedangkan Anda juga sibuk bekerja, pasti membuat Anda repot. Situasi seperti ini sebaiknya Anda antisipasi jauh-jauh hari. Akan lebih baik jika Anda punya informasi pihak-pihak yang bisa dimintai bantuannya (sementara!) untuk menjaga buah hati Anda. Berikut ini pihak-pihak yang dapat menjaga anak:    

#Pengasuh anak infal
. Dapatkan informasinya di beberapa biro tenaga kerja. Jika Anda punya bayi, pengasuh infal sangat penting. Agar tidak salah pilih, cari pengasuh infal jauh-jauh hari. Bila memungkinkan, usahakan ada kerabat yang dapat  mengawasi saat si kecil bersama pengasuh infal.
Positif : Anda bisa tenang bekerja karena anak bersama pengasuh.
Negatif: Bila terburu-buru, bisa-bisa Anda mendapatkan pengasuh infal yang kurang sesuai standar Anda.  

#Tempat penitipan anak. Anda perlu punya informasi tentang tempat penitipan anak yang tepercaya. Jika cocok, langsung bayar dan tentukan kapan anak bisa Anda antar ke tempat itu.
Positif : Anda tak cemas pergi ke kantor karena anak di tangan lembaga profesional.
Negatif: Anak perlu penyesuaian dengan suasana baru. Bisa jadi perpisahannya dengan Anda tidak mudah.

#Keluarga atau teman. Bila memungkinkan, Anda bisa minta bantuan keluarga/teman untuk menjaga anak sementara Anda bekerja.    
Positif:  Anda merasa aman menitipkan anak pada orang yang Anda kenal dan   
percayai.
Negatif: Bisa jadi, karena bukan tenaga profesional, keluarga/teman itu tak terbiasa
mengurus anak balita.  

#Orang tua/mertua. Anda bisa saja minta bantuan kepada orang tua atau mertua untuk membantu mengurus anak.
Positif: Pastinya anak Anda aman bersama nenek dan kakeknya.
Negatif: Usia orang tua atau mertua yang tak lagi muda, membuat mereka kurang cekatan dan sulit mengimbangi gerak anak balita yang sedang giat-giatnya bereksplorasi.

Bila tak ada pihak yang bisa menjaga anak, Anda dapat membawanya ke kantor Anda atau suami bila kantor mengizinkan. Positifnya, anak aman bersama Anda walau, bisa saja, kehadiran anak dengan tingkah polah anak-anaknya mengganggu Anda dan rekan kerja. Lebih-lebih jika ia bosan berada di tempat yang bukan wilayahnya! Membawa anak bersama Anda atau suami ke kantor lebih baik tak berlangsung berhari-hari.  

 



Artikel Rekomendasi