Balita Belajar Pakai Sendok

 

Mulut dan tangan belepotan. Tanpa risih, dengan riang balita 1 tahun memasukkan sendok ke mulut mungilnya. Ammm! Hasilnya? Setengah mangkuk bubur sukses masuk mulut dan sisanya berserakan di meja dan kursi makannya. Tapi lihat, mata balita Anda berbinar senang karena bisa memegang kendali dalam dunianya!

Sudah bisa gerak memutar. Sejak umur 9 bulan, anak sebenarnya sudah ingin makan sendiri. Namun waktu itu ia mengambil makanan dengan tangannya tanpa bantuan alat. Dengan santai, apa yang dipegang otomatis masuk ke dalam mulutnya. Sekitar usia 1 tahun, mulailah balita tertarik meniru ibu atau ayah menggunakan sendok. Perilaku ini didukung kemampuannya memutar pergelangan tangan dan koordinasi mata-tangannya yang semakin meningkat.

Biarkan berceceran. Walaupun cara anak menyendok belum benar sehingga makanannya berceceran, biarkan saja. Latihan menyendok tidak hanya untuk bisa makan tapi juga menambah rasa percaya dirinya. Ini penting untuk meningkatkan motivasinya mempelajari bermacam hal kelak.

Trik bersih. Tak mau repot bersih-bersih? Lapisi saja meja dan kursi makan anak dengan plastik atau kertas koran.

Biarkan balita mencoba kemampuannya menyendok dengan berbagai cara. Lambat laun ketrampilan ini meningkat. Balita pun bersemangat untuk makan sendiri.

 



Artikel Rekomendasi