Bekal Balita Saat Tersesat

 

Kemampuan fisik yang meningkat pesat ditambah dengan rasa percaya dirinya yang tinggi, membuat balita 4 tahun lebih berani mengambil risiko. Tak heran jika Anda lengah sedikit, ia sudah lenyap dari hadapan Anda.

Keberaniannya ini membuat jantung Anda berdetak dengan cepat. Apalagi jika terjadi di lingkungan yang asing. Karenanya mengapa tak mencoba mengantisipasi dengan mengajarkan beberapa cara menghadapi kemungkinan balita menghilang atau tersesat.

Wajib dilakukan orangtua:

  • Ajarkan balita menghafal alamat dan nomor telepon rumah
  • Bantu ia menulis data-data dirinya di selembar kertas atau karton, kemudian lapisi dengan selembar plastik laminating. Tempelkan ‘kartu nama’ tersebut pada tas ransel miliknya atau dalam bentuk gantungan kunci. Ingatkan ia untuk menunjukkan kartu nama pada satpam atau petugas jika mereka menanyakan alamat atau nomor telepon balita.
  • Biasakan mengajak anak melakukan orientasi ruang setiap mendatangi tempat tertentu. Misalnya, Anda dan anak menghafal letak pos informasi atau pos satpam serta bagaimana cara ia meminta bantuan jika ia tiba-tiba terpisah dari Anda
  • Biasakan balita 4 tahun memakai pakaian berwarna terang atau cerah ketika bepergian. Sehingga mempermudah mencarinya jika berada di antara kerumunan orang. Anda sendiri dapat memakai pakaian warna cerah atau bermodel unik agar mudah dikenali anak.
  • Lakukan latihan dan simulasi di rumah secara berkala untuk mengingat kembali ‘pelajaran’ Anda tentang apa yang dapat dilakukannya dalam situasi tersebut. Dengan cara ini balita terus menerus diingatkan mengenai apa yang harus dilakukan jika ia terpisah dari Anda

 



Artikel Rekomendasi