Kecerdasan Interpersonal, Tak Sekadar Punya Banyak Teman

 

Anak dengan kecerdasan interpersonal mudah berinteraksi dan pandai bergaul. Sehingga seringkali menjadi pempimpin dalam kelompok pergaulan.

Pandai bersosialisasi. Berdasarkan Multiple Intelligences (MI) ada sebuah jenis kecerdasan tertentu yang dimiliki anak-anak yang pandai bersosialisasi. Anak-anak yang tinggi tingkat kecerdasan interpersonalnya sangat mudah berinteraksi dengan orang lain karena mampu berempati kepada orang lain, mampu memahami pikiran dan perasaan orang lain. Wow! Hebatnya si balita jika ia pandai bergaul dan punya banyak teman.

Menjadi pemimpin.Tidak mengherankan anak-anak ini biasanya menjadi pemimpin dalam kelompok pergaulannya (peer group). Meskipun anak-anak dengan kecerdasan interpersonal juga mengalami fase takut berhubungan dengan orang yang lain, atau malu, namun anak-anak ini melalui tahapan tersebut lebih cepat. Ditandai dengan kemampuan berkomunikasi verbal yang sangat baik, orang tua dari anak seperti ini, biasanya akan mendapatkan pujian dari guru atau sesame orang tua teman si balita, berkait dengan kemampuan anak dalam membujuk, mendorong keberanian teman, menghibur dan juga kemampuannya menengahi pertengkaran di antara teman-temannya.

Peran orang tua.Apabila balita Anda sebaliknya, justru sangat lemah dalam bersosialisasi, Anda perlu memberikan bimbingan secara khusus. Oleh karena, memberi contoh adalah cara efektif dalam mengasah kecerdasan interpersonal, Anda dan pasangan harus menjadi pribadi yang terbuka dan mampu bersosialisasi juga. Pembiasaan juga menjadi salah satu cara paling efektif. Ini artinya, Anda harus memberi kesempatan pada balita untuk banyak “berlatih” dalam rangka mengasah kecerdasan interpersonalnya.

Balita yang cerdas secara interpersonal memiliki ciri:

[((Album:andi.maerzyda@feminagroup.com|25))]
 
 
 
 
 

 



Artikel Rekomendasi