Kecerdasan Intrapersonal, Modal Masa Depan yang Paling Dibutuhkan

 

Tak banyak orang tua menyadari bahwa kemampuan memahami diri sendiri adalah salah satu jenis kecerdasan yang termasuk ke dalam kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligences (MI). Meskipun kecerdasan intrapersonal akan lebih bermanfaat bagi anak sendiri dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan, tetapi banyak tokoh ternama yang sukses berkat kecerdasan intrapersonal tinggi yang mereka miliki.

Ditandai antara lain melalui kemampuan memahami perasaan diri sendiri, memahami situasi yang sedang dihadapi dirinya sendiri, kemampuan mengendalikan diri dan mengarahkan dirinya secara matang terutama ketika menghadapi konflik.

Anak-anak dengan kecerdasan intrapersonal yang dominan juga memiliki kemampuan menemukan cara atau jalan keluar untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran secara tepat. Apabila menghadapi masalah pelik, ia juga mampu memotivasi dirinya agar segera bangkit dan mendorong diri sendiri mencapai cita-cita atau target diri. Dapat dipastikan, Bunda, anak-anak ini akan terhindar dari konflik dalam diri, dan sukses menghadapi masa depan yang diperkirakan penuh dengan masalah pelik.

Anda pasti penasaran seperti apakah kegiatan yang dapat mengasah kecerdasan intrapersonal anak! Menurut para ahli, dimulai dari rumah, orang tua harus menanamkan citra diri anak yang positif. Bersama guru, ini juga harus berlangsung selaras di prasekolah. Selain itu, kemampuan menyelesaikan konflik dalam diri, sangat didukung oleh kesediaan orang tua membimbing anak saat menghadapi masalah. Komunikasi verbal yang terbuka akan sangat membantu anak memahami masalah secara lebih dewasa.

Pandangan Anda saat menyelesaikan masalah juga akan diadopsi anak. Apabila Anda “memuntahkan” tekanan pekerjaan di kantor kepada anak – yang tidak baik dilakukan -  tak mengherankan apabila rentang stres balita juga rendah. Si balita juga akan meniru cara Anda men-transfer kemarahan pada orang dan tempat yang kurang tepat.

Dengan demikian, pemahaman terhadap diri sendiri menjadi kunci utama dalam mengasah kecerdasan intrapersonal. Tak mengherankan tokoh-tokoh yang mampu menghadapi masalah pada diri secara dewasa menjadi sosok yang sangat sukses. Di antaranya, Hellen Keller, Oprah Winfrey dan Neil Armstrong.
 

 



Artikel Rekomendasi