Kiat Memupuk Rasa Percaya Diri Anak

 

Wajah balita Anda yang beru berusia 3 tahun akan sangat bangga pada hasil coretannya. Pujian Anda akan memupuk rasa percaya dirinya.

Kemampuan balita di usia 3 tahun dalam mencoret-coret semakin menunjukkan bentuk. Anak pun kian percaya diri memamerkan karyanya.

Makin berarti.
Jika semula coretannya lebih mirip benang kusut, kini mulai bermakna. Terlihat beberapa bentuk geometris. Terkadang seperti lingkaran atau segi tiga tak beraturan. Kadang-kadang hanya garis-garis lurus atau saling bersilang. Bahkan kerap seperti menulis satu hurufr atau angka tertentu yang masih jauh dari sempurna. Namun balita Anda asyik menceritakan coretannya sebagai orang, gunung, rumah atau lainnya.

Setelah selesai menggambar, dengan bangganya ia akan memamerkan hasil coretannya pada setiap orang. Beberapa anak terkadang membutuhkan coretan di ujung kertas yang diakui sebagai nama atau tanda tangannya.

Bisa jadi perilaku tersebut ditirunya dari Anda atau dari guru kelompok bermainnya. Tentu saja ini wujud dari keinginan anak untuk menunjukkan pada setiap orang bahwa ia telah mampu menghasilkan sebuah karya.

Hargai usahanya. Keinginan diakui kemampuannya merupakan pengingat bagi Anda agar tidak lupa memuji karyanya. Mengatakan “Ibu suka pilihan warnamu,” atau “Hebat, anak ibu bisa menggambar telur,” menjadi penyemangat bagi anak untuk terus berkarya. Jika perlu, pilih beberapa coretannya dan minta ia bercerita mengenai gambar yang dibuatnya. Selanjutnya tuliskan cerita yang diutarakannya di bawah gambar. Anda bisa memberi bingkai dan pajang di ruang keluarga atau di kamarnya.

Upaya Anda itu akan memupuk keyakinan akan kemampuan dan kepercayaan dirinya sendiri agar semakin kuat. Namun sebaliknya, jika Anda tidak pernah memperhatikan apa yang dihasilkannya, balita Anda akan merasa ragu dengan kemampuannya. Karenanya, biarkan jika anak dengan bangga menunjukkkan hasil coretannya. Hindari kritikan tajam karena dapat mengendurkan semangatnya. Rasa percaya diri anak tengah terbentuk di sini.
 

 



Artikel Rekomendasi