Marah? Fungsi Paru-Paru Bisa Turun

 

Hati-hati bagi Anda yang emosinya kerap tak terbendung. Ledakan emosi ternyata berpengaruh buruk pada fungsi paru-paru. Karenanya, jadi orang penyabar ternyata bermanfaat lho. Diantaranya jika ingin paru-paru berfungsi secara optimal.
 
Fakta ini ditopang hasil riset 8 tahun yang digawangi Dr. Norman Edelman, ketua American Lung Association. Ditemukan bahwa orang yang gampang marah dan kesulitan menangani tekanan psikologis atau emosi negatif lainnya akan menurun fungsi paru-parunya. Bahkan terjadi peningkatan risiko terkena penyakit asma, sesak nafas dan jantung. Hal ini berbeda dengan orang yang lebih penyabar dan tak segan memaafkan orang. 
 
Orang yang kesulitan mengerem amarah, juga akan menurunkan sistem imun tubuh. Akan memicu pula terjadinya peradangan dan pembengkakan yang disebabkan alergen (pemicu alergi) dan lingkungan.
 
Sebaliknya, orang yang penyabar, pemicu alergi tidak mempan pada tubuhnya karena memiliki sistem kekebalan yang lebih baik. Walau masih perlu dikaji lebih lanjut, tapi tidak ada ruginya jika kita menjadi orang penyabar agar badan lebih sehat.
 

 



Artikel Rekomendasi