Menyewa Tenaga Pengasuh Si Balita

 

Semua ingin Anda lakukan bersama si kecil, tapi apa daya tak selalu memungkinkan membawa si kecil serta. Dengan adanya asisten dalam mengurus si bayi dan balita, urusan-urusan Anda tentu lebih mudah dikelola. Apalagi jika Anda menjalankan bisnis dari rumah atau Anda ibu yang bekerja di luar rumah.

Beberapa ibu memilih menyewa tenaga pengasuh anak dari yayasan babysitter dan governess. Keuntungannya, tenaga pengasuh dari yayasan yang terpercaya, biasanya sudah melewati pelatihan dan memiliki ijazah pengasuh yang terstandar. Meskipun demikian ini tak lantas berarti, asisten rumah tangga biasa yang telah Anda latih untuk merawat bayi dan anak secara cermat bisa menjadi “pengasuh” yang dapat diandalkan juga.

Siapa pun yang Anda perkerjakan untuk membantu Anda mengurus si kecil haruslah seseorang yang berpola pikir dewasa dan menyukai anak-anak. Pengasuh harus pandai mengenali kebiasaan si kecil, serta trampil merawat anak-anak, termasuk memberi makan, menjaga anak saat tidur serta mampu membantu Anda mengawasi anak saat Anda sedang tak di rumah.

Sebelum meninggalkan si kecil di rumah, Anda harus membekali pengasuh dengan beberapa hal. Di antaranya, catatan informasi kondisi khas anak. Misalnya, daftar makanan yang dapat menimbulkan alergi pada anak Anda. Demikian pula langkah-langkah yang harus ia lakukan apabila terjadi kondisi darurat. Untuk itu, Anda juga harus membekali pengasuh dengan nomor-nomor penting yang harus dihubungi. Selain nomor telpon seluler Anda dan pasangan, juga dokter, rumah sakit, kerabat terdekat, tetangga juga aparat keamanan jika perlu.

Pastikan Anda memberi instruksi tambahan dalam merawat si kecil jika Anda pergi dalam waktu yang lebih lama. Sebelum meninggalkan pintu, tunjukkan tempat Anda biasa menyimpan makanan, susu, makanan apa yang dibolehkan & tidak,waktu tidur dan lainnya. Idealnya, Anda tak meninggalkan pengasuh sendiri hanya bersama si kecil Anda. Dengan demikian, pengasuh si kecil juga punya kesempatan beristirahat sejenak termasuk jeda waktu untuk makan, mandi dan berganti pakaian.     

Saat Anda menyewa tenaga pengasuh, hal-hal yang perlu Anda lakukan, diantaranya adalah:
  • Sebelumnya, perkenalkan dengan baik kepada si kecil
  • Ajak mengenal seluruh tempat di rumah, termasuk tempat-tempat yang mungkin bisa membahayakan si kecil
  • Jangan lupa, tempel catatan di dinding yang isinya nomor telepon yang harus dihubungi jika terjadi kondisi darurat
  • Tunjukkan tempat lemari P3K dan pastikan babysitter tahu cara memakainya
  • Informasikan program TV apa saja yang boleh ditonton si kecil
  • Tetapkan aturan, siapa saja yang boleh bertamu termasuk teman si babysitter maupun si kecil
  • Jika diperlukan, ajari penggunaan peralatan rumah tangga seperti pengoperasian AC, mesin cuci, saluran listrik dan lainnya
  • Beri pengertian, pekerjaan rutin apa saja untuk babysitter, seperti kapan menyediakan makan si kecil, waktu tidur, mengerjakan PR atau lainnya
  • Sesekali telpon babysitter untuk menanyakan kondisi si kecil saat Anda berada di luar rumah
Tentu Anda pengasuh adalah orang yang dapat Anda andalkan untuk mengurus dan merawat si kecil saat Anda tak di rumah. Tetapi Andalah yang bertanggungjawab atas kesejahteraan anak. Jadi, Andalah “pengasuh” ideal dan favorit si kecil yang sesungguhnya.
 

 



Artikel Rekomendasi