Saatnya Balita Belajar Tanggung Jawab

Saatnya Balita Belajar Tanggung Jawab Ayahbunda.co.id
Image by : -
Anak belajar tanggung jawab bisa dimulai dengan hal-hal kecil. Beri kesempatan ia melakukan sendiri apa yang mampu ia kerjakan, tanpa paksaan.

Anak 5 tahun bisa diberi tanggung jawab. Anda dapat mulai dari  hal-hal kecil kesehariannya. Perhitungkan pula porsi tanggung jawab agar proporsional bagi anak seusianya.

Misalnya Anda tidak nyaman melihat anak ogah-ogahan saat  disuruh mandi atau menyiapkan diri untuk pergi  sekolah. Gunakan momen ini untuk mengajar tanggung jawab, antara lain dengan memintanya berpakaian dan bersepatu sendiri tanpa Anda bantu. Setelah itu ia dapat mengambil sarapannya dan makan sendiri tanpa mengganggu kesibukan pagi Anda.

Yang penting, anak menjalankan tanggung jawabnya tanpa merasa dipaksa. Jika ia mengerjakan tugasnya dengan baik, ia senang Anda memberinya pujian atau ia merasa sudah  menjadi 'anak besar' yang bisa diandalkan. Anak pun memiliki rasa percaya diri tinggi.

Untuk membantu anak belajar tanggung jawab, Anda perlu  mengingatkan apa saja yang ia perlukan untuk menjalankan tanggung jawabnya. Saat Anda tahu makanan ikannya hampir habis, tanyakan kapan ia perlu membeli makanan ikan lagi.

Ciptakan suasana menyenangkan ketika menjalankan tanggung jawab Misalnya, saat menyirami tanaman, Anda bisa mengajaknya bermain air sekaligus.

Bisa saja terjadi  di suatu hari si  5 tahun mogok menjalankan tanggung jawabnya. Sebaiknya Anda tak mengungkapkan rasa kecewa atau marah karena ulahnya. Lebih baik katakan dengan halus, ”Biasanya kamu memberi makan ikan dulu sebelum berangkat sekolah.”

Anda juga harus berhati-hati. Hindari mengatakan hal negatif soal bagaimana ia menjalankan tanggung jawabnya. Lebih baik beri dia pujian dan dukungan saat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik.

Yang juga penting adalah memberi contoh dalam keseharian. Anak selalu melihat apakah Anda meletakkan kunci mobil pada tempatnya? Apakah selesai makan Anda meninggalkan piring kotor begitu saja atau langsung mencucinya? Anda memang role model utama anak!     

Yuk, latih rasa tanggung jawab, sekaligus jujur dan berani pada diri anak melalui seminar di Jakarta Kids Festival 2013, bersama Hanifah Ambadar dari Mommiesdaily dan moderator Tenik Hartono, CCO & Pemimpin Redaksi Ayahbunda. Untuk registrasi klik di sini. 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Mengenal Neuroblastoma   16263   
>  2 Jenis Senyum Bayi   14553   
>  Balita Hobi Tampil   10286