Siap Mental Menyusui Bayi Baru Lahir

 

Sehabis bersalin, lebih dari separuh waktu Anda akan habis untuk menyusui bayi. Ini karena pencernaan bayi baru lahir belum sempurna. Ia tidak bisa mencerna banyak makanan sekaligus, sehingga akan sering menyusui hampir setiap 2 jam sekali.

Sering menyusu juga membuat bayi senantiasa dekat dengan ibu. Hal ini merupakan cara alamiah untuk mencegah bayi dari trauma akibat kehilangan suasana aman dan nyaman di rahim dan membuat produksi ASI lancar. Masalahnya, Anda belum pulih dari lelah dan harus mengalami puting nanar karena terus-terusan diisap bayi meski teknik menyusui benar.

Kelola masalah menyusui dan kondisi tidak nyaman. Bila lelah, tak perlu malu untuk istirahat, konsumsi makanan-minuman bergizi bergizi, habiskan suplemen dari dokter dan nyamankan diri Anda selagi masa menyusui dengan camilan enak majalah atau film kesayangan.

Jika mengalami masalah menyusui, segera atasi atau pergi ke klinik laktasi agar tidak berlarut-larut. Kegiatan menyusui akan terbentuk ritmenya dan puting "kebal" sehingga tidak sakit lagi di kisaran minggu ke 4 atau akhir masa nifas.

Baca juga:
Tenang Hadapi Penampilan Bayi Baru Lahir
Menyiasati Waktu Tidur Bayi
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kebingungan Ibu Baru

Ibu baru menghadapi banyak hal baru. Banyak keputusan harus dibuat berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan bayi. ... read more