Tips Atur Waktu Ibu Bekerja

 

Pengaturan waktu bagi ibu bekerja memang tidak mudah. Tugas kantor yang menumpuk, belum lagi urusan rumah tangga yang tak boleh disingkirkan. Kuncinya, ada di perencanaan

Salah satu kunci sukses pengaturan waktu adalah perencanaan. Setelah perencanaan beres, upayakan mewujudkan rencana itu sesuai yang Anda susun dan setujui bersama dengan keluarga. Jangan pula lupa menjadikan anak sebagai salah satu faktor yang perlu dipikirkan dalam memutuskan segala sesuatu berkenaan dengan rencana kerja.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan rencana kerja Anda, antara lain:
  • Buat skala prioritas semua tugas setiap saat. Kerjakan yang penting dan mendesak dulu baru, sedikit demi sedikit, selesaikan tugas-tugas lain yang kurang penting dan kurang mendesak.
  • Kumpulkan semua tenaga yang dapat Anda mintai bantuan, lalu cobalah mendelegasikan tugas yang tidak dapat Anda lakukan, karena kesibukan pekerjaan dan pendidikan. Yang penting, orang yang Anda pilih sebagai perpanjangan tangan Anda haruslah orang yang dapat dipercaya. Walaupun demikian, Anda tetap harus mengutamakan komunikasi yang baik sebagai manajer rumah tangga dengan orang-orang yang membantu menjalankan tugas Anda di rumah.
  • Untuk menghemat waktu, lakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu rentang waktu. Misalnya, sarapan sambil menyiapkan bekal sekolah anak. Atau, berolahraga sambil menonton berita di TV. Dengan melakukannya secara efektif dan efisien, semua urusan Anda dapat diselesaikan tepat waktu.

 



Artikel Rekomendasi