Penyakit Distrophia Muculorum Progressive

Tanya: Bagaimana penyebaran penyakit Distrophia Muculorum Progressive (DMP)? Apakah setiap anak laki-laki dari wanita carrier pasti akan menderita DMP?   

Jawab: Penyakit yang lebih dikenal dengan nama Duchenne Muscular Distrophy (DMD) ini merupakan salah satu bentuk dari pengecilan otot yang berlangsung secara progresif atau memberat, terutama pada otot bahu, panggul dan paha. Akibatnya, penderita sulit berdiri tanpa dibantu, cara berjalan yang aneh (menjinjit atau mencoba berlari), sering jatuh, mudah lelah, postur tubuh yang tidak lurus dan tidak mampu menaiki tangga. Obatnya hingga saat ini belum ada.

Umumnya kelainan genetik ini dialami sejak kecil atau kurang dari 6 tahun dan kebanyakan diderita anak laki-laki, yakni kira-kira satu di antara 5.000 bayi laki-laki. Gen abnormal penyebab penyakit ini biasanya dibawa ibu, atau ibu sebagai carrier. Bila melihat sifat turunan yang resesif, maka tidak semua anak perempuannya akan carrier dan tidak semua anak laki-lakinya akan mendapat penyakit ini. Risiko untuk mendapatkan penyakit ini kira-kira 25% untuk setiap kehamilan. Oleh karena itu, ada keluarga yang mempunyai beberapa anak laki-laki dan tidak satupun menderita penyakit ini, namun ada juga keluarga yang seluruh anak laki-lakinya menderita penyakit ini.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88118   
>  Olahraga Terbaik Ibu Hamil   35933   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29473   
>  Mengasuh Anak Autis   21226